Istighroq: Keutamaan dan Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Istighroq, sebuah istilah yang mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Namun, istighroq merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Ibadah ini mengajarkan kita untuk merendahkan diri, memohon pertolongan, dan meminta ampunan kepada Allah SWT. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang keutamaan dan manfaat istighroq dalam kehidupan sehari-hari.

1. Pengertian Istighroq

Istighroq berasal dari bahasa Arab yang berarti “meminta pertolongan” atau “meminta ampunan. Dalam konteks agama Islam, istighroq adalah suatu bentuk pengakuan kelemahan dan ketergantungan manusia terhadap Allah SWT. Ibadah ini dilakukan dengan cara mengumpulkan orang-orang dalam satu tempat, lalu mereka bersama-sama berdoa, memohon ampunan, dan memohon pertolongan kepada Allah SWT.

2. Keutamaan Istighroq

Istighroq memiliki keutamaan yang sangat besar dalam agama Islam. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah senang jika hamba-Nya mengakui kelemahan dan ketergantungan mereka kepada-Nya.” Dalam hadis lain, beliau juga bersabda, “Barangsiapa yang merendahkan diri di hadapan Allah, niscaya Allah akan meninggikan derajatnya.

Keutamaan istighroq juga terlihat dalam Al-Qur’an. Allah berfirman, “Dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan harapan. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-A’raf: 56)

Artikel Lain:  Surat Aktif Siswa: Pentingnya Kehadiran di Sekolah

3. Manfaat Istighroq dalam Kehidupan Sehari-hari

Istighroq memiliki manfaat yang luas dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa manfaat istighroq yang perlu kita ketahui:

a. Memperbaiki hubungan dengan Allah SWT

Melalui istighroq, kita dapat memperbaiki hubungan kita dengan Allah SWT. Dengan merendahkan diri dan mengakui kelemahan kita, kita menunjukkan ketergantungan kita kepada-Nya. Allah SWT sangat menyukai hamba-Nya yang mengakui kelemahan mereka dan berusaha mendekatkan diri kepada-Nya.

b. Menguatkan hubungan antar sesama

Istighroq juga dapat memperkuat hubungan antar sesama. Ketika kita berkumpul bersama untuk beribadah dan berdoa, kita merasakan kebersamaan dan saling mendukung. Hal ini dapat mempererat tali persaudaraan dan memperkuat ikatan antar umat Muslim.

c. Menghilangkan sifat sombong

Melakukan istighroq juga dapat membantu kita menghilangkan sifat sombong dalam diri. Dengan merendahkan diri di hadapan Allah SWT, kita menyadari bahwa kita hanyalah hamba-Nya yang lemah dan butuh pertolongan-Nya. Hal ini dapat membantu kita untuk selalu rendah hati dan tidak sombong terhadap sesama.

d. Mendapatkan ampunan dan pertolongan Allah SWT

Salah satu manfaat utama dari istighroq adalah mendapatkan ampunan dan pertolongan Allah SWT. Allah SWT sangat murah hati dalam memberikan ampunan kepada hamba-Nya yang merendahkan diri dan memohon ampunan-Nya. Dengan melakukan istighroq, kita berharap Allah akan mengampuni dosa-dosa kita dan memberikan pertolongan dalam segala urusan kita.

Artikel Lain:  Pesantren dan Peranannya dalam Pembangunan Karakter Generasi Muda Madura

4. Bagaimana Melakukan Istighroq

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk melakukan istighroq:

a. Mengumpulkan orang-orang dalam satu tempat

Langkah pertama dalam melakukan istighroq adalah mengumpulkan orang-orang dalam satu tempat, baik di masjid, rumah, atau tempat lain yang sesuai. Pastikan tempat yang dipilih dapat menampung semua jamaah yang akan beribadah.

b. Memimpin doa istighroq

Setelah jamaah terkumpul, pilihlah seorang imam atau ustadz yang akan memimpin doa istighroq. Imam akan membimbing jamaah dalam berdoa, memohon ampunan, dan memohon pertolongan kepada Allah SWT.

c. Mengikuti prosesi istighroq

Sebagai jamaah, kita harus mengikuti prosesi istighroq dengan khusyuk dan penuh pengharapan kepada Allah SWT. Ikuti setiap gerakan dan bimbingan yang diberikan oleh imam atau ustadz.

5. Kesimpulan

Istighroq adalah ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Melalui istighroq, kita dapat merendahkan diri, memohon pertolongan, dan meminta ampunan kepada Allah SWT. Ibadah ini memiliki keutamaan yang besar dan manfaat yang luas dalam kehidupan sehari-hari. Dengan melakukan istighroq, kita dapat memperbaiki hubungan dengan Allah SWT, memperkuat hubungan antar sesama, menghilangkan sifat sombong, serta mendapatkan ampunan dan pertolongan-Nya. Mari kita lakukan istighroq secara rutin dan ikhlas untuk memperoleh keberkahan dan ridha Allah SWT.

Leave a Comment