by

Kategori Variabel di CSharp

Variabel dalam C# dikelompokan menjadi variabel static, variabel instance, variabel lokal, elemen array dan parameter.

Variabel static dibuat dengan mendeklarasikan suatu variabel dengan menggunakan keyword static. Variabel static adalah bagian dari tipe dan bukan merupakan bagian dari object, oleh karena itu variabel static hanya dapat diakses melalui tipenya. Jika kita mengakses data static melalui instance/object maka kompiler akan memberikan pesan kesalahan. Variabel static juga sering disebut dengan static field.

Variabel instance adalah variabel yang merupakan bagian dari instance suatu tipe. Variabel ini dideklarasikan dalam suatu tipe tanpa menggunakan keyword static. Variabel ini juga sering disebut dengan instance field.

Variabel lokal adalah variabel yang dideklarasikan di dalam suatu blok, statemen for, switch, atau using. Sebelum nilai dari variabel lokal ini dapat diakses maka variabel ini perlu diberikan suatu nilai secara ekplisit. Kompiler akan gagal melakukan kompilasi jika variabel ini diakses pada saat belum diberikan suatu nilai.

[csharp]public class FooClass
{
private static int x; private int y;

public void Method(int[] z)
{
string name = "Foo";
}
}[/csharp]

Dari contoh diatas x merupakan variabel static bertipe int, y adalah instance variabel bertipe int dan z adalah array yang memiliki elemen betipe int dan name adalah sebuah variabel lokal.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *