by

Kelemahan yang Dimiliki Bisnis Online Shop

-Bisnis-100 views

Setiap bisnis, apapun jenis bisnisnya pasti akan memiliki kelebihan dan kelemahan, serta potensi keuntungan maupun resiko masing-masing. Dan hal tersebut juga berlaku pada bisnis online shop, dibalik segala keunggulan yang dimiliki, bisnis online shop memiliki beberapa kelemahan yang sebaiknya Anda ketahui jika nantinya mungkin Anda berniat ingin mendirikan online shop juga. Apa saja kira-kira kelemahan bisnis online shop? Simak ulasannya berikut ini.

Kelemahan yang Dimiliki Bisnis Online Shop
Kelemahan yang Dimiliki Bisnis Online Shop

Beragam Kelemahan yang Dimiliki Bisnis Online Shop

  1. Penipuan

Dengan melakukan transaksi jual-beli via online, akan memberikan peluang baik bagi pihak pembeli maupun pihak penjual untuk melakukan penipuan. Hal ini dikarenakan kedua pihak tidak berinteraksi secara langsung (bertatap muka), hanya dilakukan dengan cara virtual (dunia maya), melalui toko online atau hanya media sosial. Hal ini bisa memunculkan kecenderungan untuk terjadinya tindak penipuan.

Untuk mencegah adanya penipuan, idealnya pihak penjual memiliki sistem yang bisa menjamin keamanan konsumen selama bertransaksi. Tak ada salahnya juga bila memanfaatkan marketplace, seperti bukalapak, tokopedia dan sejenisnya.

  1. Kompetisi yang ketat

Fakta dari berbagai sumber terpercaya, setiap tahun pengguna internet di indonesia terus meningkat. Hal ini berdampak pada kegiatan berbelanja online yang juga semakin meningkat. Dan semakin kesini, makin banyak pebisnis online baru yang ikut merasakan gurihnya mengais rezeki dari internet.

Semakin bertambahnya para pelaku bisnis di bidang bisnis online shop tentu saja membuat persaingan semakin ketat. Sehingga untuk penjual yang malas berinovasi, serta tidak punya strategi bagus, maka siap-siap saja tergusur atau gulung tikar.

  1. Harus mempunyai kemampuan dan pengetahuan

Dalam menjalankan bisnis apapun, jangan sampai Anda memulainya tanpa memiliki ilmu mengenai bisnis yang akan Anda jalani. Meskipun bebisnis online shop terlihat mudah, namun Anda tetap harus memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam menyusun strategi bisnis dan mengimpelementasikannya. Pengetahuan tentang internet sedikit banyak juga harus Anda kuasai, agar Anda tidak terlalu mudah untuk merugi.

  1. Keterbatasan jasa pengiriman

Dalam berbisnis online shop, pelanggan yang berbelanja produk Anda tidak hanya berasal dari daerah sekitar, namun bisa juga berasal dari luar kota, pulau, bahkan dari luar negeri. Dan mengenai hal ini, kendala yang sering dialami para pebisnis online adalah terkait perusahaan jasa pengiriman yang jauh dari rumah.

  1. Keraguan

Nah, kelemahan dalam berbisnis online shop berikutnya adalah adanya keraguan. Baik keraguan dari diri Anda sendiri sebagai penjual, maupun dari pihak pembeli. Dari sisi Anda (penjual), mungkin sebelum memulai bisnis ini, Anda memiliki keraguan khususnya mengenai bagaimana caranya menjalankan bisnis, bagaimana meyakinkan pelanggan, dan lain sebagainya. Dan dari sisi pembeli, ada juga keraguan yang dimiliki, misalnya takut terkena tipu atau merasa khawatir dengan kualitas barang yang Anda jual.

Nah, itu dia sederet kelemahan bisnis online terutama online shop yang sebaiknya diketahui oleh para pelaku bisnis di bidang ini. Namun begitu, informasi tersebut tentu tidak boleh dijadikan alasan untuk menyerah atau patah semangat dalam mencoba berbisnis secara online.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *