Mazmur 145 Ayat 17-21: Mengungkapkan Kesetiaan dan Kebesaran Allah

Alkitab adalah sumber kehidupan dan kebijaksanaan bagi umat Kristen. Salah satu bagian yang penuh makna adalah Mazmur 145 ayat 17-21. Dalam pasal ini, kita diperkenalkan pada kemuliaan dan kebesaran Allah yang tak terbatas. Ayat-ayat ini mengajarkan kita tentang kesetiaan-Nya, belas kasih-Nya, dan keadilan-Nya yang sempurna. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi setiap ayat dengan detail dan komprehensif.

Ayat 17 dari Mazmur 145 mengatakan, “TUHAN adil dalam segala tingkah laku-Nya, dan kudus dalam segala perbuatan-Nya.” Dalam ayat ini, kita diajarkan tentang sifat adil dan kudus Allah. Allah adalah sumber keadilan yang sempurna, dan segala tindakan-Nya diatur oleh kebenaran dan keadilan. Tidak ada ketidakadilan dalam diri-Nya, dan kita dapat mempercayai-Nya sepenuhnya.

Ayat 18 melanjutkan, “TUHAN dekat kepada semua orang yang memanggil-Nya, kepada semua orang yang memanggil-Nya dengan tulus.” Allah adalah Allah yang dekat dengan umat-Nya. Dia tidak jauh atau terpisah dari kita. Jika kita memanggil-Nya dengan tulus dan sepenuh hati, Dia akan mendengar dan menjawab doa-doa kita. Ini adalah janji-Nya yang tak tergoyahkan kepada umat-Nya.

Berlanjut pada ayat 19, “Ia memenuhi keinginan semua orang yang takut akan Dia, Ia mendengar seruan mereka dan menyelamatkan mereka.” Allah adalah Allah yang memenuhi keinginan mereka yang takut akan-Nya. Ketakutan akan Allah bukanlah ketakutan yang menakutkan, tetapi rasa hormat dan pengabdian yang mendalam kepada-Nya. Allah mendengar seruan mereka dan memberikan perlindungan serta keselamatan bagi mereka yang setia kepada-Nya.

1. Kesetiaan Allah dalam Menjaga Orang-Orang yang Jujur

Pada sesi ini, kita akan membahas tentang kesetiaan Allah dalam menjaga orang-orang yang jujur. Ayat 17-18 menjelaskan bahwa Allah adil dan dekat dengan mereka yang memanggil-Nya dengan tulus. Ini adalah janji Allah kepada umat-Nya yang menjaga integritas dan hidup dalam kebenaran.

Artikel Lain:  Perbedaan Rencana dan Wacana: Memahami Konsep dan Implementasinya

Summary: Mazmur 145 ayat 17-18 mengajar kita bahwa Allah adil dan dekat dengan mereka yang hidup dalam integritas dan memanggil-Nya dengan tulus.

2. Belas Kasih Allah bagi Mereka yang Takut Akan-Nya

Sesi ini akan mengeksplorasi belas kasih Allah bagi mereka yang takut akan-Nya. Ayat 19 mengungkapkan bahwa Allah memenuhi keinginan mereka yang takut akan-Nya dan memberikan perlindungan serta keselamatan. Allah mengasihi mereka yang hidup dalam ketakutan yang sehat dan menghormati-Nya.

Summary: Mazmur 145 ayat 19 memaparkan belas kasih Allah bagi mereka yang hidup dalam takut akan-Nya dan memberikan perlindungan serta keselamatan.

3. Keadilan Allah dalam Menghukum Orang-orang Jahat

Di sesi ini, kita akan menjelajahi keadilan Allah dalam menghukum orang-orang jahat. Ayat 20 mengungkapkan bahwa Allah akan menghukum mereka yang jahat dan memusnahkan mereka dari muka bumi. Allah adalah Allah yang adil dan tidak akan membiarkan kejahatan berkuasa selamanya.

Summary: Mazmur 145 ayat 20 mengajarkan bahwa Allah akan menghukum orang-orang jahat dan memusnahkan mereka dari muka bumi.

4. Pujian kepada Allah yang Kudus dan Setia

Di sesi terakhir ini, kita akan memuji Allah yang kudus dan setia. Ayat 21 adalah seruan untuk memuliakan Allah dan berkata, “Mazmur ini dari Daud.” Daud adalah raja Israel yang saleh, dan dia menulis banyak mazmur yang memuji Allah. Kita diajarkan untuk memuliakan Allah yang kudus dan setia seperti Daud melalui mazmur ini.

Artikel Lain:  Combo dalam Bahasa Gaul: Unik, Detail, dan Komprehensif

Summary: Mazmur 145 ayat 21 adalah seruan untuk memuliakan Allah yang kudus dan setia, seperti yang dilakukan oleh Daud dalam mazmur ini.

Secara keseluruhan, Mazmur 145 ayat 17-21 mengungkapkan kesetiaan, kebesaran, dan sifat-sifat Allah yang tak terbatas. Ayat-ayat ini mengajar kita tentang adilnya Allah, dekatnya Dia dengan mereka yang memanggil-Nya dengan tulus, belas kasih-Nya bagi mereka yang takut akan-Nya, keadilan-Nya dalam menghukum orang-orang jahat, dan pentingnya memuliakan Dia. Semua ini adalah kebenaran yang bisa kita pegang teguh dalam hidup kita sebagai umat-Nya.

Semoga artikel ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang Mazmur 145 ayat 17-21 dan memperkuat iman kita dalam Allah yang setia dan adil. Marilah kita hidup dalam kesadaran akan kebesaran-Nya dan memuliakan-Nya dalam segala hal yang kita lakukan. Tuhan memberkati!

Leave a Comment