by

Mengapa Target Dalam Hidup itu Penting

Setiap orang yang hidup di dunia ini haruslah mempunyai target dalam kehidupannya. Begitu pentingnya sebuah target dalam hidup maka bagi setiap orang seharusnya target menjadi sebuah prioritas. Target memang menjadi peranan dan faktor penting dalam mempengaruhi tindakan seseorang untuk melakukan sesuatu.

Mengapa Target Dalam Hidup itu Penting
Mengapa Target Dalam Hidup itu Penting

Hidup dengan target akan membuat seseorang bisa lebih termotivasi dan tertantang untuk merealisasikan dan mewujudkan targetnya. Beda halnya jika seseorang hidup tanpa mempunyai target, maka hidupnya akan seperti itu-itu terus. Gawatnya lagi, tanpa target seseorang bisa terlena dan bersantai-santai dengan hidupnya. Padahal dalam prinsip ilmu ekonomi dan ilmu agama, kita tidak boleh menjadi seseorang yang terkesan ‘malas’ dan bersantai-santai, karena hidup kita akan lebih berarti jika mempunyai manfaat, lebih-lebih manfaat itu untuk sesama manusia/sosial.

Berikut ini adalah alasan mengapa menetapkan target dalam hidup itu sangat penting bagi kita.

1. Dengan menetapkan target hidup kita akan menjadi lebih terarah dan lebih fokus
Dengan membuat dan menetapkan target-target dalam hidup, maka akan membuat hidup dan aktivitas kita menjadi lebih terarah dan fokus. Target akan membuat kita memprioritaskan hal-hal yang kita lakukan agar dapat menuntun kita mencapai target yang kita tetapkan. Tidak hanya itu, secara tidak langsung dengan menetapkan sebuah target dalam kehidupan kita, akan melatih kita menjadi seseorang yang lebih fokus. Hal ini bisa terjadi karena, saat kita berusaha meraih target yang kita tetapkan pastilah akan ada banyak rintangan dan godaan yang dapat membuat impian mewujudkan target kita menjadi buyar, oleh karena itu kita dituntut fokus dan memperkuat pendirian agar tidak mudah tergoda untuk hal-hal yang dapat menggagalkan target yang kita tetapkan.

2. Dengan menetapkan sebuah target dan berusaha merealisasikannya akan membuat level hidup kita semakin meningkat
Jika anda membuat sebuah target dan berusaha merealisasikan target anda tersebut, meskipun nantinya di dalam perjalanan anda gagal mencapai target yang anda tetapkan, maka bisa saya katakan level anda sudah jauh lebih tinggi dari sebelumnya, kenapa? Karena meskipun gagal, dalam perjalanan tersebut anda mendapatkan banyak ilmu dan banyak pengalaman yang tentunya tidak akan pernah anda dapatkan jika anda hanya berdiam diri dan malas-malasan. Oleh karena itu setelah anda meneguhkan hati untuk menetapkan sebuah target tertentu dalam hidup, berusahalah sekuat tenaga untuk segera mencoba merealisasikannya. Jangan hanya membuat target namun anda tidak pernah melakukan apa-apa. Itu sama halnya dengan “No Action Talk Only” alias “NATO”. Jadi hanya akan menjadi target yang sia-sia jika anda tidak berusaha mewujudkannya sesegera mungkin.

3. Menetapkan target dapat digunakan untuk melawan rasa malas dalam hidup kita
Malas memang menjadi penyakit yang sulit sekali untuk disembuhkan, hal ini karena rasa malas datangnya dari dalam diri sendiri bukan orang lain. Oleh karena itu cara yang paling efektif melawan rasa malas juga berasal dari dalam diri sendiri. Dengan membuat sebuah target akan membuat anda memiliki alasan serta tameng/perisai kenapa rasa malas anda harus dikalahkan. Karena jika tidak, maka anda akan hidup dengan dikuasai oleh rasa malas yang akan membuat hidup anda terlena dan nantinya bisa menjadikan anda semakin sengsara, ditambah lagi target hidup anda tidak akan pernah tercapai dan tentu saja hal ini bukanlah yang kita semua harapkan. Oleh karena itu saat rasa malas anda mulai datang, ingatlah bahwa target anda adalah satu-satunya hal yang sangat penting dan harus anda wujudkan bagaimanapun keadaannya.

4. Dengan target tujuan hidup anda akan menjadi lebih jelas
Pernahkah anda menjumpai atau sering mendengar seseorang yang berkata: “Ah hidup kamu tidak jelas!”, “Ah nggak punya masa depan!” dan lain sebagainya. Hal ini mungkin karena memang anda hidup dalam ketidakpastian dan keragu-raguan akan masa depan anda sendiri, sehingga andapun seperti “katak dalam tempurung” yang artinya tidak bisa melakukan apa-apa. Oleh karena itu segeralah tetapkan target dalam hidup anda, dan segera mungkin capai target tersebut, agar kegiatan dan aktivitas anda menjadi lebih bernilai, bermanfaat dan tentunya tidak membuat orang lain berpikiran negatif kepada anda. Selain itu hidup anda akan menjadi lebih tertata dan jelas jika ada target-target yang anda tetapkan, misalnya: setelah lulus kuliah harus sudah bekerja, setelah umur 25 tahun harus sudah menikah, setelah umur 35 tahun harus punya usaha sendiri. Hal-hal seperti inilah yang akan membuat hidup anda menjadi lebih jelas dan tertata, sehingga anda tidak akan melangkah dengan keragu-raguan, apalagi hanya berdiam diri dan tidak melakukan apa-apa.

5. Dengan menetapkan target akan membuat anda menjadi orang yang lebih percaya diri
Jika anda mempunyai target yang jelas dan berusaha merealisasikannya maka secara otomatis anda akan dilatih untuk memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Karena hanya dengan berusaha merealisasikan target anda saja, sebenarnya disitu sudah ada sebuah bentuk keyakinan yang ada dalam diri anda bahwa, apa yang anda lakukan dan apa yang anda targetkan akan membuahkan hasil yang baik nantinya. Mungkin anda tidak menyadarinya sebelum membaca artikel ini, namun ada banyak manfaat yang akan anda peroleh dengan menetapkan sebuah target dalam hidup meskipun manfaat-manfaat tersebut tidak anda sadari secara langsung.

6. Dengan mempunyai sebuah target atau keinginan maka akan membuat hidup anda menjadi lebih bersemangat dan lebih bergairah
Dengan adanya target dalam hidup, akan membuat semangat kita menjadi lebih tinggi dan berapi-api. Hal ini akan terjadi karena kita berpikir bahwa ada hal-hal didepan yang harus diwujudkan. Oleh karena itu menetapkan sebuah target dalam hidup juga sangat penting untuk memacu semangat dan motivasi kita dalam mewujudkan target kita tersebut.

7. Dengan menetapkan target membuat kita mengetahui apa saja yang berdampak positif dan negatif bagi kita
Jika anda mempunyai target anda akan mudah memilah-milah, hal apa saja yang dapat menjauhkan kita dari target atau mendekatkan kita darinya. Tentu saja dalam hal ini anda harus mengambil atau memilih hal-hal yang dapat semakin mendekatkan anda dengan target anda, bukan malah menjauhkan anda dari target anda tersebut. Ambil hal-hal yang positif dan tinggalkan hal-hal yang negatif, sehingga target anda akan lebih mudah diwujudkan nantinya.

Kesimpulan dari artikel/tulisan ini adalah, sebagai manusia yang hidup dan butuh kehidupan maka sudah sewajarnya anda harus menetapkan target-target dalam hidup anda. Jika tidak demikian, dikhawatirkan anda akan terlena dengan keadaan anda sekarang, terlalu bersantai-santai, sehingga akan membuat anda sengsara di hari kemudian.

Namun demikian, dalam menetapkan sebuah target tentunya anda juga harus realistis dan tidak menjauh dari kenyataan. Misalnya anda menetapkan target-target yang hampir pasti tidak akan tercapai, contoh: anda ingin menjadi dokter tetapi anda tidak bersekolah kedokteran. Maka hal ini akan sangat sulit untuk diwujudkan, meskipun mungkin, kemungkinannya akan sangat kecil. Jadi mulailah dengan target-target kecil terlebih dahulu, jika sudah banyak target anda yang tercapai, mulailah dengan target-target yang lebih besar, hal ini akan membuat kemungkinan anda berhasil jauh lebih tinggi dan tidak berhenti ditengah jalan karena menyerah akan target anda sendiri yang terlalu berlebihan. Tetaplah berusaha sekuat tenaga anda, dan yakinlah bahwa target anda akan tercapai lebih cepat atau lebih lambat, lakukan terus dan pantang menyerah.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *