4 Gerakan Passing Atas Bola Voli yang Harus Kamu Ketahui

Passing atas merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan bola voli yang sangat penting untuk dikuasai. Teknik ini melibatkan gerakan mengangkat bola dengan kedua tangan di atas kepala dan mengarahkannya kepada pemain lain untuk melakukan serangan. Dalam artikel ini, kami akan membahas empat gerakan passing atas bola voli yang harus kamu ketahui agar dapat meningkatkan kemampuan bermain voli kamu. Mari kita mulai!

1. Gerakan Passing Atas Standar

Gerakan passing atas standar adalah teknik dasar dalam bola voli yang menjadi dasar untuk menguasai gerakan-gerakan lainnya. Posisi kaki yang stabil dan kedua tangan yang membentuk segitiga dengan jari-jari yang terbuka adalah kunci dalam gerakan ini. Pada saat bola datang, kaki ditekuk sedikit, lalu lakukan gerakan melompat ke atas sambil mengangkat bola dengan kedua tangan. Pastikan bola terangkat secara lurus dan terarah kepada pemain lainnya.

Summary: Gerakan passing atas standar adalah teknik dasar dalam bola voli yang melibatkan posisi kaki stabil, kedua tangan membentuk segitiga, dan lompatan ke atas untuk mengangkat bola dengan lurus dan terarah.

2. Gerakan Passing Atas Bola Kuat

Gerakan passing atas bola kuat digunakan ketika bola datang dengan kecepatan tinggi atau dengan tenaga yang kuat. Posisi kaki yang stabil dan kedua tangan yang kuat adalah kunci dalam gerakan ini. Untuk menghadapi bola yang kuat, pastikan kedua tanganmu kuat dan tidak terpental ketika menghadapi bola. Gerakkan lenganmu dengan cepat dan kuat untuk mengangkat bola hingga tepat pada target yang diinginkan.

Artikel Lain:  Perbedaan Hubungan dan Pengaruh: Apa yang Harus Kamu Ketahui

Summary: Gerakan passing atas bola kuat digunakan untuk menghadapi bola dengan kecepatan tinggi atau tenaga yang kuat. Posisi kaki stabil dan lengan yang kuat adalah kunci dalam gerakan ini.

3. Gerakan Passing Atas Bola Rendah

Gerakan passing atas bola rendah digunakan ketika bola datang dengan ketinggian yang lebih rendah dari biasanya. Posisi kaki yang stabil dan gerakan lengan yang lebih dekat ke bawah adalah kunci dalam gerakan ini. Pastikan bola terangkat dengan posisi yang sesuai dan terarah kepada pemain lainnya. Gerakan lengan yang lebih dekat ke bawah membantu mengontrol bola agar tidak terlalu tinggi.

Summary: Gerakan passing atas bola rendah digunakan ketika bola datang dengan ketinggian yang lebih rendah dari biasanya. Posisi kaki stabil dan gerakan lengan yang lebih dekat ke bawah adalah kunci dalam gerakan ini.

4. Gerakan Passing Atas Bola Lob

Gerakan passing atas bola lob digunakan ketika bola datang dengan tinggi yang sangat tinggi. Posisi kaki yang stabil dan gerakan tangan yang melambung tinggi adalah kunci dalam gerakan ini. Saat bola datang, berikan dirimu sedikit waktu tambahan untuk mempersiapkan lompatan yang tinggi. Angkat bola dengan kedua tanganmu secara perlahan dan pastikan bola terarah dengan baik kepada pemain lainnya.

Artikel Lain:  Berapa Biaya Mengundang Niken Salindri: Detail dan Lengkap

Summary: Gerakan passing atas bola lob digunakan ketika bola datang dengan tinggi yang sangat tinggi. Posisi kaki stabil dan gerakan tangan yang melambung tinggi adalah kunci dalam gerakan ini.

5. Gerakan Passing Atas Bola Melengkung

Summary: Gerakan passing atas bola melengkung digunakan ketika bola datang dengan arah yang tidak lurus. Posisi kaki stabil dan gerakan tangan yang mengikuti arah bola adalah kunci dalam gerakan ini.

6. Gerakan Passing Atas Bola Berputar

Summary: Gerakan passing atas bola berputar digunakan ketika bola datang dengan putaran atau curve. Posisi kaki stabil dan gerakan tangan yang mengikuti arah putaran bola adalah kunci dalam gerakan ini.

7. Gerakan Passing Atas Bola Jarak Jauh

Summary: Gerakan passing atas bola jarak jauh digunakan ketika bola datang dari jarak yang lebih jauh. Posisi kaki stabil dan gerakan lengan yang kuat adalah kunci dalam gerakan ini.

Artikel Lain:  Cara Save GTA 5 PS3: Panduan Lengkap dan Terperinci

8. Gerakan Passing Atas Bola Jarak Dekat

Summary: Gerakan passing atas bola jarak dekat digunakan ketika bola datang dari jarak yang lebih dekat. Posisi kaki stabil dan gerakan lengan yang lebih dekat ke bawah adalah kunci dalam gerakan ini.

9. Gerakan Passing Atas Bola Menghadap Belakang

Summary: Gerakan passing atas bola menghadap belakang digunakan ketika bola datang dari arah belakang. Posisi kaki stabil dan gerakan tangan yang melambung tinggi adalah kunci dalam gerakan ini.

10. Gerakan Passing Atas Bola Menghadap Samping

Summary: Gerakan passing atas bola menghadap samping digunakan ketika bola datang dari arah samping. Posisi kaki stabil dan gerakan tangan yang mengikuti arah bola adalah kunci dalam gerakan ini.

Untuk menjadi pemain bola voli yang handal, menguasai gerakan-gerakan passing atas sangatlah penting. Dengan mempelajari teknik-teknik yang telah dijelaskan di atas, kamu dapat meningkatkan kemampuan bermain voli kamu secara keseluruhan. Latihan yang konsisten dan penerapan teknik yang benar akan membantu kamu menjadi pemain voli yang lebih baik. Jadi, jangan ragu untuk terus berlatih dan terus mengasah kemampuanmu dalam gerakan passing atas bola voli!

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin meningkatkan kemampuan dalam permainan bola voli. Selamat berlatih dan selamat bermain voli!

Leave a Comment