by

Tips Agar Fokus dan Konsisten

-Bisnis-331 views

Banyak orang yang beranggapan memulai sesuatu itu sulit, saya dulu pernah berpikiran seperti itu, namun lambat laun hal itu berubah. Menurut saya ada yang lebih sulit daripada memulai sesuatu, saya anggap saja memulai sebuah bisnis itu sulit, yang lebih sulit lagi adalah fokus untuk tetap konsisten menjalankan bisnis tersebut agar tetap berjalan. Ya, dua kata ini “Fokus dan Kosisten” menjadi momok menakutkan bagi siapa saja pelaku bisnis ataupun profesi yang lainnya.

Fokus dan Konsisten
Fokus dan Konsisten

Ada beberapa tips dari saya agar anda bisa tetap fokus dan konsisten dalam menjalankan sesuatu, terutama bagi anda para pebisnis. Berikut simak beberapa tipsnya.

  1. Ubahlah mindset atau cara berpikir anda

Ya dalam menjalankan bisnis atau profesi apapun, agar anda tetap bisa fokus dan konsisten, pelan-pelan rubahlah cara berpikir anda. Maksud saya cara berpikir dalam hal ini adalah cara berpikir anda yang menganggap bahwa hal yang anda lakukan ini terasa berat. Ubahlah cara pandang seperti itu, pelan-pelan saja nikmati step by step atau langkah demi langkah progress perjalan bisnis atau profesi anda, jika memang itu pillihan yang sudah anda putuskan dari awal untuk diambil.

  1. Jeda dan istirahat itu penting

Jangan menyerah ketika anda belum berhasil, ambil waktu beberapa saat untuk menenangkan pikiran anda, istirahat atau vakum sebentar untuk menyegarkan tubuh dan otak kita, jangan menghancurkan apa-apa saja yang kita mulai. Misalnya bisnis anda tidak berhasil, jangan buang semua aset anda dan menyerah, karena menurut saya itu adalah hal yang salah dan sebisa mungkin untuk dihindari. Misalnya saya punya pengalaman menjadi seorang blogger, ketika saya sudah frustasi semua blog, saya jual ke orang, namun pada akhirnya saya menyesal kenapa saya jual padahal kalau ditekuni bisa menghasilkan. Nah, itulah mengapa jeda dalam hal ini memainkan peranan sangat penting bagi anda para profesional maupun pelaku bisnis.

  1. Malas-malasan sebentar kenapa nggak?

Nah ini juga berawal dari pengalaman saya, daripada yang kita lakukan dan geluti sejak awal kita hentikan begitu saja, sebaiknya anda perlu mengendurkan kegiatan aktivitas anda, istilahnya santai beberapa saat, agar pikiran anda tidak stres dan tubuh tidak tegang, sehingga anda masih dapat berpikir dengan jernih dan realistis. Ketika rasa stres itu nanti sudah hilang, silakan anda bangkit kembali dan fokus serta konsisten membangun sesuatu yang dari awal sudah anda yakini akan berhasil.

  1. Rajin membaca biografi orang-orang yang berhasil dalam berbisnis

Diakui atau tidak, cara ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk membangunkan semangat kita dalam berbisnis atau melakukan sesuatu yang kita usahakan. Perjuangan orang-orang yang berhasil membangun bisnis atau melakukan sesuatu dari nol sampai dengan berhasil akan membuat anda merasa kalau perjuangan anda masih belum ada apa-apanya dibandingkan mereka yang telah melalui banyak rintangan. Hal ini juga membuat anda berpikir anda tidak sendirian, anda belum boleh menyerah dan harus segera bangkit untuk melakukan sesuatu seperti tujuan dan target awal anda.

Sementara seperti itu dulu tips dan kiat-kiat kita agar bisa menjaga fokus dan konsistensi dalam menjalankan sesuatu, terutama bagi anda yang suka berbisnis. Mungkin kita belum berhasil, namun kita belum boleh menyerah, kenapa? Karena mungkin saat anda menyerah, keberhasilan yang anda idam-idamkan itu sudah tinggal selangkah lagi, nah sayang bukan, makanya tetap berpikir positif, fokus, konsisten dan semangat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *