30 Istilah dalam Taekwondo

Pengantar

Taekwondo adalah seni bela diri asal Korea yang terkenal dengan gerakan akrobatik dan kekuatan pukulan yang tinggi. Dalam taekwondo, terdapat banyak istilah yang sering digunakan oleh para praktisi dan penggemarnya. Dalam artikel ini, kami akan mengulas 30 istilah dalam taekwondo yang perlu Anda ketahui. Mari kita simak!

1. Taekwondo

Taekwondo secara harfiah berarti “jalan kaki dan tinju”, merupakan seni bela diri yang fokus pada gerakan kaki dan pukulan. Olahraga ini melibatkan teknik serangan, pertahanan, dan gerakan tubuh yang terkoordinasi.

2. Dojang

Dojang adalah tempat latihan taekwondo. Biasanya berupa sebuah ruangan atau gedung khusus yang dilengkapi dengan peralatan dan fasilitas untuk melatih para peserta taekwondo.

3. Sabuk

Sabuk adalah tanda pengenal tingkatan dalam taekwondo. Setiap tingkatan memiliki warna sabuk yang berbeda, mulai dari putih untuk tingkatan pemula hingga hitam untuk tingkatan tertinggi.

4. Poomsae

Poomsae adalah serangkaian gerakan taekwondo yang dilakukan secara berurutan. Gerakan-gerakan ini melibatkan kombinasi tendangan, pukulan, dan gerakan tubuh lainnya. Poomsae digunakan untuk melatih keterampilan teknik dan konsentrasi.

Artikel Lain:  Cara Melihat Like di Tinder Gratis

5. Kyorugi

Kyorugi adalah istilah dalam taekwondo yang merujuk pada pertandingan atau sparring. Dalam Kyorugi, dua peserta saling bertanding menggunakan teknik serangan dan pertahanan untuk mencetak poin atau mencapai kemenangan.

6. Kyongye

Kyongye adalah sikap hormat dalam taekwondo. Saat memasuki atau meninggalkan dojang, para praktisi taekwondo akan melakukan sikap kyongye sebagai tanda penghormatan kepada guru dan sesama peserta taekwondo.

7. Poomsae Taeguk

Poomsae Taeguk adalah rangkaian gerakan poomsae yang merupakan dasar dalam taekwondo. Terdapat delapan tingkatan poomsae Taeguk yang harus dikuasai oleh para peserta taekwondo.

8. Dan

Dan adalah tingkatan atau derajat dalam taekwondo yang menunjukkan tingkat keahlian seseorang. Tingkatan ini diberikan berdasarkan penilaian keterampilan teknik, pengalaman, dan pengetahuan dalam taekwondo.

9. Chagi

Chagi berarti tendangan dalam bahasa Korea. Tendangan merupakan salah satu teknik dasar dalam taekwondo dan memiliki berbagai variasi, seperti ap chagi (tendangan ke depan) dan dollyo chagi (tendangan memutar).

10. Jireugi

Jireugi berarti pukulan dalam bahasa Korea. Pukulan juga merupakan teknik dasar dalam taekwondo dan dapat dilakukan dengan tangan yang terbuka atau dengan tinju.

11. Bandae Dollyo Chagi

Bandae Dollyo Chagi adalah tendangan memutar dengan perubahan kaki. Teknik ini melibatkan gerakan tubuh yang cepat dan akrobatik untuk mengelabui lawan.

12. Dolgae Chagi

Dolgae Chagi adalah tendangan dengan melompat menggunakan satu kaki dan menendang dengan kaki yang lain. Teknik ini membutuhkan kekuatan otot dan keseimbangan yang baik.

Artikel Lain:  Cara Mengisi Angin Shock Depan GL Pro

13. Ap Joomuk

Ap Joomuk adalah pukulan dengan menggunakan tinju yang tertutup. Pukulan ini dilakukan dengan menggunakan bagian depan tangan yang terlipat menjadi genggaman.

14. Yop Joomuk

Yop Joomuk adalah pukulan dengan menggunakan tinju yang terbuka. Pukulan ini dilakukan dengan menggunakan bagian samping tangan yang terlipat menjadi genggaman.

15. Balnal

Balnal berarti tendangan menggunakan tumit dalam bahasa Korea. Tendangan ini menggunakan bagian belakang kaki untuk memukul target dengan kekuatan yang tinggi.

16. Palkup

Palkup adalah bagian pergelangan tangan dalam taekwondo. Teknik palkup digunakan untuk memblokir serangan lawan dan melindungi diri sendiri.

17. Makki

Makki berarti blokade dalam bahasa Korea. Blokade digunakan untuk menahan atau menghentikan serangan lawan dengan menggunakan lengan atau kaki.

18. Juchumseogi

Juchumseogi adalah posisi berjongkok dalam taekwondo. Posisi ini digunakan untuk melatih keseimbangan, kekuatan kaki, dan stabilitas tubuh.

19. Ap Kumchi

Ap Kumchi adalah sikap berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu. Sikap ini digunakan sebagai posisi awal dalam taekwondo sebelum melakukan teknik serangan atau pertahanan.

20. An Makki

An Makki adalah blokade melingkar dengan menggunakan lengan. Teknik ini digunakan untuk menahan serangan pukulan atau tendangan lawan.

21. Ap Chagi

Ap Chagi adalah tendangan ke depan dengan menggunakan kaki yang berada di depan. Teknik ini adalah salah satu tendangan dasar dalam taekwondo.

Artikel Lain:  cara mendapat like banyak di ig gratis

22. Arae Chagi

Arae Chagi adalah tendangan ke bawah atau tendangan rendah. Teknik ini dilakukan dengan menggunakan kaki yang berada di bawah dan bertujuan untuk melumpuhkan kaki lawan.

23. Haro

Haro adalah perintah untuk memulai atau berhenti dalam latihan atau pertandingan taekwondo. Perintah ini diberikan oleh pelatih atau wasit.

24. Gyoroogi

Gyoroogi adalah latihan pertandingan atau sparring dalam taekwondo. Latihan ini melibatkan dua peserta yang saling bertanding menggunakan teknik serangan dan pertahanan.

25. Gyeorugi

Gyeorugi adalah istilah dalam taekwondo yang merujuk pada pertandingan atau sparring. Dalam Gyeorugi, dua peserta saling bertanding menggunakan teknik serangan dan pertahanan untuk mencetak poin atau mencapai kemenangan.

26. Ho Sin Sul

Ho Sin Sul adalah teknik pertahanan diri dalam taekwondo. Teknik ini melibatkan gerakan untuk menghindari serangan lawan dan melindungi diri sendiri.

27. Nareusya Makki

Nareusya Makki adalah blokade dengan menggunakan siku. Teknik ini digunakan untuk menahan serangan pukulan atau tendangan lawan dengan siku.

28. Hanbon Kyorugi

Hanbon Kyorugi adalah latihan pertandingan atau sparring satu lawan satu dalam taekwondo. Latihan ini bertujuan untuk melatih keterampilan teknik dan strategi dalam bertanding.

29. Olgul Makki

Olgul Makki adalah blokade dengan menggunakan lengan bagian atas. Teknik ini digunakan untuk menahan serangan pukulan atau tendangan lawan dengan lengan bagian atas.

30. Keurom Makki

Keurom Makki adalah blokade dengan menggunakan lengan yang dilengkung. Teknik ini digunakan untuk menahan serangan pukulan atau tendangan lawan dengan lengan yang dilengkung.

Kesimpulan

Dalam taekwondo, terdapat banyak istilah yang perlu dipahami oleh para praktisi dan penggemarnya. Dalam artikel ini, kami telah mengulas 30 istilah dalam taekwondo yang meliputi berbagai teknik serangan, pertahanan, dan gerakan tubuh. Dengan memahami istilah-istilah ini, Anda dapat lebih memahami dan mengaplikasikan teknik taekwondo dengan lebih baik. Jadi, jangan ragu untuk mulai belajar taekwondo dan menjelajahi dunia seni bela diri yang menarik ini!

Leave a Comment