Perbedaan Antara “Since” dan “Est” dalam Bahasa Inggris: Penjelasan Lengkap

Untuk mencapai keberhasilan dalam mempelajari bahasa Inggris, penting bagi kita untuk memahami perbedaan antara kata-kata yang terlihat mirip. Salah satu pasangan kata yang sering membingungkan adalah “since” dan “est”. Meskipun keduanya terdengar serupa, keduanya memiliki penggunaan dan makna yang berbeda. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi secara detail dan komprehensif perbedaan antara “since” dan “est”, serta memberikan contoh-contoh yang akan membantu memperjelas penggunaan keduanya.

1. Perbedaan Arti

Pertama-tama, mari kita lihat perbedaan dalam arti keduanya. Since” digunakan untuk menunjukkan titik waktu atau periode waktu ketika suatu peristiwa dimulai. Misalnya, “I have been studying English since 2010” berarti saya mulai belajar bahasa Inggris pada tahun 2010 dan masih melakukannya sekarang. Di sisi lain, “est” digunakan untuk menyatakan estimasi atau perkiraan. Misalnya, “The concert is estimated to start at 8 PM” berarti konser diperkirakan akan dimulai pukul 8 malam.

2. Perbedaan Penggunaan

Selain perbedaan dalam arti, “since” dan “est” juga memiliki perbedaan dalam penggunaannya. “Since” biasanya digunakan bersama dengan kata kerja yang menunjukkan tindakan atau kegiatan yang dimulai di masa lalu dan berlanjut sampai sekarang. Contohnya adalah “I have been living in this city since 2015” yang berarti saya mulai tinggal di kota ini pada tahun 2015 dan masih tinggal di sini sekarang. Di sisi lain, “est” digunakan untuk memberikan perkiraan atau estimasi tentang suatu hal. Misalnya, “The project is estimated to be completed within two months” berarti proyek diperkirakan akan selesai dalam waktu dua bulan.

Artikel Lain:  Bentuk Perang Dingin dalam Bidang Ekonomi: Memahami Implikasi dan Dampaknya

3. Contoh Penggunaan

Untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang perbedaan antara “since” dan “est”, berikut adalah beberapa contoh penggunaannya dalam kalimat:

1. Penggunaan “Since”

Since kapan kamu tinggal di sini?

Summary: Menggunakan “since” untuk menanyakan titik waktu ketika seseorang mulai tinggal di suatu tempat.

2. Penggunaan “Est”

Estimasi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek ini?

Summary: Menggunakan “est” untuk meminta perkiraan tentang durasi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu proyek.

3. Penggunaan “Since”

Saya sudah makan sejak tadi pagi.

Summary: Menggunakan “since” untuk menunjukkan bahwa seseorang telah melakukan suatu tindakan sejak waktu tertentu di masa lalu.

4. Penggunaan “Est”

Estimasi berapa harga mobil ini?

Summary: Menggunakan “est” untuk meminta perkiraan tentang harga mobil.

5. Penggunaan “Since”

Saya belum berbicara dengan dia sejak kemarin.

Summary: Menggunakan “since” untuk menunjukkan bahwa seseorang tidak berbicara dengan seseorang sejak waktu tertentu di masa lalu.

Artikel Lain:  Sebutan THD Majikan: Panduan Lengkap dan Terperinci

6. Penggunaan “Est”

Estimasi berapa lama penerbangan ini?

Summary: Menggunakan “est” untuk meminta perkiraan tentang durasi penerbangan.

7. Penggunaan “Since”

Saya sudah menunggu kamu sejak satu jam yang lalu.

Summary: Menggunakan “since” untuk menunjukkan bahwa seseorang telah menunggu seseorang selama periode waktu tertentu.

8. Penggunaan “Est”

Estimasi berapa banyak orang yang akan datang ke pesta ini?

Summary: Menggunakan “est” untuk meminta perkiraan tentang jumlah orang yang akan hadir di pesta.

9. Penggunaan “Since”

Saya sudah membaca buku ini sejak semalam.

Summary: Menggunakan “since” untuk menunjukkan bahwa seseorang telah membaca buku selama periode waktu tertentu.

10. Penggunaan “Est”

Estimasi berapa lama perjalanan ini?

Summary: Menggunakan “est” untuk meminta perkiraan tentang durasi perjalanan.

Dalam kesimpulan, meskipun “since” dan “est” terdengar serupa, keduanya memiliki penggunaan dan makna yang berbeda dalam bahasa Inggris. “Since” digunakan untuk menunjukkan titik waktu atau periode waktu ketika suatu peristiwa dimulai, sementara “est” digunakan untuk memberikan perkiraan atau estimasi. Penting bagi kita untuk memahami perbedaan ini agar dapat menggunakan keduanya dengan benar dalam percakapan atau tulisan bahasa Inggris kita. Dengan memahami perbedaan ini, kita dapat meningkatkan pemahaman kita tentang bahasa Inggris dan memperluas kemampuan kita dalam berkomunikasi dengan orang-orang yang berbahasa Inggris.

Leave a Comment