Cara Agar YouTube Music Bisa Berjalan di Latar Belakang: Panduan Lengkap

YouTube Music adalah platform streaming musik populer yang menawarkan ribuan lagu dan beragam playlist bagi para penggemar musik. Namun, satu kekurangan yang sering dikeluhkan oleh pengguna adalah ketika mereka ingin menjelajahi aplikasi atau menggunakan perangkat mereka dengan lagu-lagu YouTube Music tetap berjalan di latar belakang. Bagi sebagian orang, hal ini menjadi penghalang untuk menikmati musik favorit mereka tanpa harus terikat pada aplikasi.

Jika Anda mencari solusi untuk memainkan YouTube Music di latar belakang, artikel ini akan memberikan panduan lengkap agar Anda bisa menikmati musik favorit Anda sambil melakukan aktivitas lain di perangkat Anda. Kami akan menjelaskan langkah-langkah detail untuk melakukannya, sehingga Anda dapat dengan mudah mengatasi masalah ini dan menikmati pengalaman mendengarkan musik yang lebih fleksibel.

1. Menggunakan YouTube Music Premium

Jika Anda ingin menikmati YouTube Music di latar belakang tanpa gangguan, langkah terbaik yang bisa Anda ambil adalah dengan berlangganan YouTube Music Premium. Dengan berlangganan ini, Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan, termasuk kemampuan untuk memainkan musik di latar belakang bahkan ketika layar ponsel Anda terkunci atau ketika Anda menggunakan aplikasi lain.

Dengan YouTube Music Premium, Anda juga dapat mengunduh lagu-lagu favorit Anda untuk diputar secara offline, serta menghilangkan iklan yang mungkin mengganggu. Berlangganan ini tersedia dengan biaya bulanan yang terjangkau, dan Anda dapat membatalkannya kapan saja jika tidak lagi membutuhkannya.

Dengan berlangganan YouTube Music Premium, Anda dapat menikmati musik di latar belakang dengan lebih bebas dan fleksibel. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan beberapa fitur bonus yang meningkatkan pengalaman mendengarkan musik Anda.

2. Menggunakan Mode Picture-in-Picture (PiP)

Jika Anda tidak ingin berlangganan YouTube Music Premium, Anda masih bisa menikmati musik di latar belakang menggunakan fitur Picture-in-Picture (PiP) yang tersedia pada beberapa perangkat. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menjalankan YouTube Music dalam jendela kecil yang mengambang di atas aplikasi lain yang sedang Anda gunakan.

Untuk menggunakan fitur PiP, pastikan perangkat Anda sudah menjalankan versi Android 8.0 Oreo atau yang lebih baru. Setelah itu, buka aplikasi YouTube Music dan putar lagu yang ingin Anda dengarkan. Selanjutnya, keluar dari aplikasi YouTube Music dan pergi ke layar utama ponsel Anda. Anda akan melihat jendela kecil dengan tampilan YouTube Music yang tetap berjalan di latar belakang.

Artikel Lain:  Penjelasan Mengenai "hrn invalid please try again": Apa yang Harus Anda Ketahui

Dengan menggunakan fitur PiP, Anda dapat menjelajahi perangkat Anda dengan bebas sambil tetap mendengarkan musik di latar belakang. Namun, perlu diingat bahwa fitur ini tidak tersedia pada semua perangkat, tergantung pada versi Android yang Anda gunakan.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika fitur PiP tidak tersedia pada perangkat Anda atau Anda mencari alternatif lain, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk memainkan YouTube Music di latar belakang. Ada beberapa aplikasi yang dapat Anda temukan di Play Store yang menawarkan fungsi ini.

Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi yang dipilih, buka YouTube Music melalui aplikasi tersebut dan putar lagu yang ingin Anda dengarkan. Kemudian, keluar dari aplikasi dan musik akan tetap berjalan di latar belakang melalui aplikasi pihak ketiga tersebut.

Perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi pihak ketiga bisa jadi melanggar ketentuan penggunaan YouTube dan berisiko terhadap keamanan data Anda. Pastikan untuk melakukan riset dan memilih aplikasi yang terpercaya dan direkomendasikan oleh pengguna lain sebelum menggunakannya.

4. Menggunakan YouTube Vanced

YouTube Vanced adalah salah satu aplikasi pihak ketiga yang populer untuk memutar YouTube Music di latar belakang. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur tambahan seperti pemutaran video dan musik tanpa iklan, tema gelap, serta kemampuan untuk menjalankan YouTube di latar belakang.

Anda dapat mengunduh YouTube Vanced dari situs resmi mereka atau melalui sumber yang terpercaya. Setelah menginstal aplikasi, buka YouTube Vanced dan putar lagu yang ingin Anda dengarkan. Kemudian, keluar dari aplikasi dan lagu akan terus berjalan di latar belakang.

YouTube Vanced adalah salah satu solusi populer untuk menikmati YouTube Music di latar belakang tanpa perlu berlangganan YouTube Music Premium. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi pihak ketiga selalu memiliki beberapa risiko, jadi pastikan untuk menggunakan sumber yang terpercaya dan melakukan riset sebelum menginstal aplikasi ini.

5. Menggunakan Browser Desktop Mode

Jika Anda lebih suka menggunakan browser di perangkat Anda untuk mendengarkan musik di YouTube Music, Anda dapat mencoba menggunakan mode desktop pada browser tersebut. Langkah ini memungkinkan Anda untuk menjalankan YouTube Music di latar belakang seperti saat Anda menggunakan komputer atau laptop.

Untuk menggunakan mode desktop, buka browser pilihan Anda dan arahkan ke situs YouTube Music. Setelah itu, buka pengaturan browser dan aktifkan mode desktop atau versi desktop. Setelah mode desktop aktif, putar lagu yang ingin Anda dengarkan dan keluar dari browser. Musi akan tetap berjalan di latar belakang.

Artikel Lain:  Manfaat Sumpah Pemuda bagi Kehidupan Bangsa dan Bernegara saat Ini

Fitur mode desktop pada browser memungkinkan Anda untuk menjelajahi perangkat Anda dengan bebas sambil tetap mendengarkan musik di latar belakang melalui YouTube Music. Namun, perlu diingat bahwa beberapa fitur mungkin tidak berfungsi dengan baik atau tampilan mungkin berbeda dari versi mobile.

6. Menggunakan Fitur YouTube Premium

Selain berlangganan YouTube Music Premium, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk berlangganan YouTube Premium. Langganan ini memberikan Anda akses penuh ke YouTube Music serta fitur tambahan di platform YouTube lainnya.

Dengan berlangganan YouTube Premium, Anda dapat menikmati semua fitur YouTube Music Premium, termasuk kemampuan untuk memainkan musik di latar belakang. Selain itu, Anda juga dapat menikmati video dan konten YouTube lainnya tanpa iklan, serta mengunduh video untuk ditonton secara offline.

Jika Anda sudah sering menggunakan YouTube dan ingin mendapatkan semua manfaat dari YouTube Music dan YouTube tanpa iklan, berlangganan YouTube Premium bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

7. Menggunakan Fitur Split Screen (Layar Terbagi)

Jika perangkat Anda mendukung fitur layar terbagi, Anda dapat menggunakan fitur ini untuk menjalankan YouTube Music di satu bagian layar sambil menjalankan aplikasi lain di bagian lainnya. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menjelajahi perangkat Anda dengan bebas sambil tetap mendengarkan musik di YouTube Music.

Untuk menggunakan fitur layar terbagi, buka aplikasi YouTube Music dan putar lagu yang ingin Anda dengarkan. Selanjutnya, keluar dari aplikasi dan pergi ke menu utama perangkat Anda. Dari sana, cari dan pilih opsi “Layar Terbagi” atau “Multi Window” untuk membagi layar menjadi dua bagian.

Anda dapat memilih aplikasi lain yang ingin Anda jalankan di bagian lain layar, seperti browser atau media sosial. Dengan menggunakan fitur layar terbagi, Anda dapat menjelajahi perangkat Anda dengan bebas sambil tetap mendengarkan musik di latar belakang melalui YouTube Music.

8. Menggunakan YouTube Go

JikaAnda ingin menggunakan YouTube Music di latar belakang tanpa harus berlangganan atau menginstal aplikasi pihak ketiga, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi YouTube Go. Aplikasi ini dikembangkan oleh YouTube dan dirancang khusus untuk pengguna dengan koneksi internet yang lambat atau kuota data yang terbatas.

Salah satu fitur menarik dari YouTube Go adalah kemampuannya untuk menjalankan video atau musik dalam mode offline. Anda dapat mengunduh video musik dari YouTube Go dan memutarnya di latar belakang tanpa perlu terhubung dengan internet. Hal ini memungkinkan Anda untuk tetap menikmati musik favorit Anda tanpa harus menggunakan kuota data.

Untuk menggunakan YouTube Go, unduh dan instal aplikasi dari Play Store. Setelah itu, buka aplikasi dan cari lagu yang ingin Anda dengarkan. Ketika menemukan lagu yang diinginkan, pilih opsi “Unduh” di sampingnya. Setelah lagu terunduh, Anda dapat memutarnya di latar belakang tanpa harus terhubung dengan internet.

Artikel Lain:  Teh Yang Disukai Raja China: Jokes Bahasa Inggris

YouTube Go adalah alternatif yang bagus jika Anda ingin menikmati YouTube Music di latar belakang tanpa harus berlangganan atau menggunakan aplikasi pihak ketiga. Selain itu, fitur unduhan offline juga memungkinkan Anda untuk menghemat kuota data Anda saat mendengarkan musik di perangkat Anda.

9. Menggunakan Fitur Background Play pada Browser

Jika Anda lebih sering menggunakan browser di perangkat Anda untuk mendengarkan musik di YouTube Music, Anda dapat mencoba menggunakan fitur background play yang tersedia pada beberapa browser. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menjalankan YouTube Music di latar belakang seperti saat Anda menggunakan aplikasi khusus.

Salah satu browser yang mendukung fitur background play adalah Google Chrome. Untuk menggunakan fitur ini, buka browser Chrome dan arahkan ke situs YouTube Music. Setelah itu, putar lagu yang ingin Anda dengarkan dan keluar dari browser dengan menekan tombol Home pada perangkat Anda. Musi akan tetap berjalan di latar belakang melalui browser Chrome.

Fitur background play pada browser memungkinkan Anda untuk menjelajahi perangkat Anda dengan bebas sambil tetap mendengarkan musik di latar belakang. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua browser mendukung fitur ini, jadi pastikan untuk menggunakan browser yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Menggunakan Mode Always On Display pada Perangkat Samsung

Jika Anda menggunakan perangkat Samsung dengan fitur Always On Display, Anda dapat memanfaatkannya untuk menjalankan YouTube Music di latar belakang. Fitur Always On Display pada perangkat Samsung memungkinkan Anda untuk menampilkan informasi penting seperti waktu, tanggal, dan notifikasi di layar perangkat Anda saat layar terkunci.

Untuk menggunakan mode Always On Display untuk menjalankan YouTube Music di latar belakang, buka aplikasi YouTube Music dan putar lagu yang ingin Anda dengarkan. Kemudian, keluar dari aplikasi dan biarkan layar perangkat Anda terkunci. Layar perangkat Anda akan menampilkan informasi Always On Display, sementara lagu akan tetap berjalan di latar belakang.

Dengan menggunakan fitur Always On Display, Anda dapat menjelajahi perangkat Samsung Anda dengan bebas sambil tetap mendengarkan musik di latar belakang melalui YouTube Music. Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin menikmati musik favorit Anda tanpa harus membuka aplikasi YouTube Music secara terus-menerus.

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap tentang cara agar YouTube Music bisa berjalan di latar belakang. Mulai dari berlangganan YouTube Music Premium atau YouTube Premium, menggunakan fitur Picture-in-Picture (PiP), aplikasi pihak ketiga, hingga fitur yang tersedia pada browser atau perangkat Samsung Anda. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, jadi pilihlah yang sesuai dengan preferensi Anda.

Semoga panduan ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menikmati YouTube Music sambil melakukan aktivitas lain di perangkat Anda. Dengan menggunakan metode yang tepat, Anda dapat menjelajahi perangkat Anda dengan bebas sambil tetap menikmati musik favorit Anda di latar belakang.

Leave a Comment