Cara Melihat Kontur di Google Earth

Pendahuluan

Google Earth adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk melihat gambar satelit dari seluruh dunia. Selain itu, Google Earth juga menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk melihat kontur atau relief permukaan bumi. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara melihat kontur di Google Earth.

Langkah 1: Buka Google Earth

Langkah pertama untuk melihat kontur di Google Earth adalah membuka aplikasi tersebut. Anda dapat mengunduh Google Earth dari situs resmi Google dan menginstalnya di perangkat Anda. Setelah terbuka, Anda akan melihat tampilan dunia dalam bentuk peta tiga dimensi.

Langkah 2: Pilih Lokasi

Setelah membuka Google Earth, langkah selanjutnya adalah memilih lokasi yang ingin Anda lihat konturnya. Anda dapat menggunakan fitur pencarian di Google Earth untuk mencari lokasi tertentu, atau Anda dapat menggeser peta dengan menggunakan kontrol navigasi.

Langkah 3: Aktifkan Kontur

Setelah memilih lokasi yang diinginkan, langkah berikutnya adalah mengaktifkan fitur kontur di Google Earth. Untuk melakukan hal ini, pergi ke menu “Layer” di bagian atas aplikasi dan pilih “Terrain” dari daftar opsi yang muncul. Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda akan dapat melihat kontur atau relief permukaan bumi.

Artikel Lain:  Follower Bot: Menambah Jumlah Pengikut dengan Cepat dan Mudah

Langkah 4: Zoom In dan Zoom Out

Setelah mengaktifkan fitur kontur, Anda dapat menggunakan fitur zoom in dan zoom out untuk melihat kontur dengan lebih detail. Anda dapat menggunakan kontrol zoom di bagian kanan atas aplikasi untuk melakukan zoom in atau zoom out. Semakin Anda melakukan zoom in, semakin detail kontur yang akan terlihat.

Langkah 5: Pindah-pindah Lokasi

Jika Anda ingin melihat kontur di berbagai lokasi, Anda dapat dengan mudah pindah-pindah lokasi di Google Earth. Anda dapat menggunakan fitur pencarian untuk mencari lokasi baru, atau Anda dapat mengklik dan menahan mouse pada peta sambil menggesernya untuk berpindah ke lokasi lainnya.

Langkah 6: Gunakan Fitur Lainnya

Google Earth juga menyediakan berbagai fitur tambahan yang dapat Anda manfaatkan untuk melihat kontur dengan lebih baik. Misalnya, Anda dapat menggunakan fitur “Elevation Profile” untuk melihat grafik kontur di sepanjang rute tertentu. Fitur ini berguna jika Anda ingin melihat perbedaan ketinggian di area tertentu.

Langkah 7: Simpan Gambar Kontur

Jika Anda ingin menyimpan gambar kontur yang Anda lihat di Google Earth, Anda dapat menggunakan fitur tangkapan layar. Anda dapat menekan tombol “Print Screen” di keyboard Anda, atau menggunakan alat tangkapan layar lainnya. Setelah itu, Anda dapat menyimpan gambar yang diambil ke dalam format yang Anda inginkan.

Artikel Lain:  Materi RSPS PMR Madya PDF: Panduan Lengkap untuk Pemula

Kesimpulan

Dengan menggunakan Google Earth, Anda dapat dengan mudah melihat kontur atau relief permukaan bumi di berbagai lokasi di seluruh dunia. Langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas akan membantu Anda untuk melihat kontur dengan lebih baik. Jika Anda memiliki minat dalam geografi atau ingin mempelajari lebih lanjut tentang bumi, Google Earth adalah alat yang sangat berguna.

Leave a Comment