Cara Membuat Power Supply 18 Volt CT

Selamat datang di artikel ini! Jika Anda tertarik untuk membuat power supply 18 volt CT sendiri, Anda berada di tempat yang tepat. Power supply adalah salah satu komponen penting dalam rangkaian elektronik, dan dengan membuatnya sendiri, Anda dapat menghemat biaya dan mendapatkan kontrol penuh atas spesifikasi yang Anda inginkan.

Apa itu Power Supply 18 Volt CT?

Sebelum kita mulai, mari kita bahas terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan “power supply 18 volt CT. CT merupakan singkatan dari “Center Tap” dan mengacu pada jenis transformator yang digunakan dalam power supply ini.

Power supply 18 volt CT adalah power supply yang menghasilkan tegangan output sebesar 18 volt dengan referensi ground di tengah-tengahnya. Tegangan output ini dapat digunakan untuk mengoperasikan berbagai perangkat elektronik seperti amplifier, radio, atau perangkat lainnya yang membutuhkan tegangan 18 volt.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses pembuatan power supply 18 volt CT, berikut adalah daftar bahan yang Anda perlukan:

  1. Transformator dengan output 18 volt CT
  2. Diode Bridge
  3. Kapasitor Elektrolitik 4700uF/25V
  4. Regulator Tegangan LM7818
  5. Kapasitor Keramik 0.1uF
  6. Resistor 100 Ohm
  7. LED Indikator
  8. PCB (Printed Circuit Board)
  9. Solder dan Timah
  10. Kabel Listrik
  11. Obeng dan Pinset
Artikel Lain:  Cara Menginstal Call of Duty Modern Warfare 3: Panduan Lengkap untuk Pemula

Langkah-Langkah Pembuatan

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat power supply 18 volt CT:

Langkah 1: Persiapan

Pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan yang diperlukan sebelum memulai proses pembuatan. Pastikan juga Anda bekerja di area yang baik dan terorganisir, serta menggunakan alat-alat keamanan yang sesuai.

Langkah 2: Rangkaian Penyearah (Rectifier)

Pertama, kita akan membuat rangkaian penyearah menggunakan diode bridge. Sambungkan diode bridge ke terminal output transformator CT, pastikan polaritasnya sesuai. Sambungkan juga kapasitor elektrolitik 4700uF/25V paralel dengan output transformator.

Langkah 3: Regulator Tegangan

Setelah rangkaian penyearah, kita akan menggunakan regulator tegangan LM7818 untuk mencapai tegangan output 18 volt yang stabil. Sambungkan regulator tegangan ini ke output diode bridge, pastikan juga polaritasnya benar. Sambungkan kapasitor keramik 0.1uF secara paralel dengan input dan output regulator tegangan.

Langkah 4: LED Indikator

Untuk mengetahui apakah power supply berfungsi dengan baik, tambahkan LED indikator. Sambungkan resistor 100 Ohm ke pin output regulator tegangan, kemudian sambungkan LED dengan memperhatikan polaritasnya. LED akan menyala jika power supply berfungsi dengan baik.

Langkah 5: PCB dan Perakitan

Setelah semua komponen terhubung, Anda dapat memindahkan rangkaian ke PCB. Pastikan semua sambungan terlindungi dengan baik dan tidak ada kabel yang terkelupas. Gunakan solder dan timah untuk melakukan perakitan dengan hati-hati.

Artikel Lain:  Kunci Gitar Lolot Bes Bares: Belajar Memainkan Lagu dengan Mudah

Langkah 6: Finishing

Setelah perakitan selesai, periksa kembali semua sambungan dan pastikan tidak ada yang terlewat. Pastikan juga ada perlindungan fisik untuk menghindari kontak yang tidak diinginkan. Terakhir, tambahkan kabel listrik ke input dan output power supply.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas cara membuat power supply 18 volt CT secara lengkap. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan, Anda dapat membuat power supply yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk selalu berhati-hati saat melakukan perakitan dan menguji power supply sebelum menggunakannya. Selamat mencoba!

Leave a Comment