Cara Mencetak S12 di Simpatika

Simpatika adalah sebuah sistem informasi manajemen kepegawaian yang digunakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Dalam Simpatika, terdapat berbagai fitur yang memudahkan pengelolaan data kepegawaian, salah satunya adalah mencetak S12. S12 sendiri merupakan surat keterangan yang diperlukan dalam berbagai keperluan administrasi kepegawaian. Untuk membantu Anda dalam mencetak S12 di Simpatika, berikut adalah langkah-langkahnya.

Langkah 1: Akses Sistem Simpatika

Pertama-tama, pastikan Anda memiliki akses ke sistem Simpatika. Anda dapat mengunjungi situs resmi Simpatika dan masuk menggunakan akun yang telah Anda daftarkan sebelumnya. Setelah berhasil masuk, Anda akan dibawa ke halaman utama Simpatika.

Langkah 2: Pilih Menu Cetak S12

Pada halaman utama Simpatika, cari dan klik menu “Cetak S12”. Biasanya, menu ini dapat ditemukan di bagian atas halaman atau pada menu utama Simpatika. Setelah mengklik menu tersebut, Anda akan diarahkan ke halaman cetak S12.

Artikel Lain:  Lagu Rohani Bahasa Nias: Menyentuh Hati dan Mengangkat Jiwa

Langkah 3: Pilih Pegawai

Pada halaman cetak S12, Anda akan melihat daftar pegawai yang terdaftar dalam sistem Simpatika. Cari dan pilih pegawai yang ingin Anda cetak S12-nya. Anda dapat menggunakan fitur pencarian untuk memudahkan Anda menemukan pegawai yang diinginkan.

Langkah 4: Verifikasi Data Pegawai

Setelah memilih pegawai, pastikan Anda memverifikasi data pegawai tersebut. Pastikan nama, NIP, dan informasi lainnya sudah benar. Jika terdapat kesalahan, segera laporkan kepada pihak yang berwenang untuk diperbaiki.

Langkah 5: Pilih Jenis S12

Setelah memverifikasi data pegawai, Anda perlu memilih jenis S12 yang ingin Anda cetak. Simpatika menyediakan beberapa jenis S12, seperti S12 PNS, S12 Guru, S12 Non-Guru, dan lain sebagainya. Pilih jenis S12 yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Langkah 6: Konfirmasi dan Cetak

Setelah memilih jenis S12, periksa kembali data pegawai dan jenis S12 yang telah Anda pilih. Jika sudah sesuai, klik tombol “Cetak” atau “Konfirmasi” untuk memulai proses pencetakan S12. Tunggu beberapa saat hingga proses cetak selesai.

Langkah 7: Simpan atau Cetak Ulang

Setelah proses pencetakan selesai, Anda akan diberikan opsi untuk menyimpan atau mencetak ulang S12 yang telah Anda cetak. Jika Anda memerlukan salinan lebih dari satu, Anda dapat memilih opsi cetak ulang. Namun, jika Anda hanya memerlukan satu salinan, Anda dapat memilih opsi simpan untuk menyimpan S12 dalam format digital.

Artikel Lain:  Release Golden Master adalah

Langkah 8: Selesai

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, Anda berhasil mencetak S12 di Simpatika. S12 yang telah Anda cetak dapat digunakan untuk keperluan administrasi kepegawaian.

Kesimpulan

Mencetak S12 di Simpatika cukup mudah dilakukan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mencetak S12 dengan cepat dan efisien. Pastikan Anda selalu memverifikasi data pegawai sebelum mencetak S12 untuk menghindari kesalahan. Selamat mencoba!

Leave a Comment