Cara Mengaktifkan Minimize Video Call WhatsApp: Panduan Lengkap

WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia, dan fitur panggilan video adalah salah satu fitur yang paling digemari oleh pengguna. Namun, ada pengguna yang mengalami kesulitan ketika ingin melakukan multitasking saat sedang melakukan panggilan video WhatsApp. Tapi jangan khawatir, karena dalam artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengaktifkan minimize video call WhatsApp.

Sebelum kita membahas langkah-langkahnya, penting untuk diingat bahwa fitur minimize video call WhatsApp saat ini hanya tersedia untuk pengguna Android. Jadi, jika Anda menggunakan iPhone atau perangkat lain, Anda mungkin tidak dapat menggunakan fitur ini. Namun, untuk pengguna Android, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Pastikan Anda Menggunakan Versi Terbaru WhatsApp

Sebelum Anda dapat mengaktifkan minimize video call WhatsApp, pastikan Anda menggunakan versi terbaru aplikasi ini. Pergi ke Google Play Store dan periksa apakah ada pembaruan yang tersedia untuk WhatsApp. Jika ada, pastikan untuk mengunduh dan menginstalnya.

Artikel Lain:  Alasan Ris Dibubarkan dan Kembali ke NKRI: Analisis Mendalam

Summary: Pastikan aplikasi WhatsApp Anda sudah diperbarui ke versi terbaru sebelum melanjutkan.

2. Mulai Panggilan Video WhatsApp

Setelah aplikasi WhatsApp Anda diperbarui, buka aplikasi tersebut dan mulai panggilan video dengan kontak yang Anda inginkan. Pastikan koneksi internet Anda stabil agar panggilan berjalan lancar.

Summary: Buka aplikasi WhatsApp dan mulai panggilan video dengan kontak yang Anda inginkan.

3. Aktifkan Mode Picture-in-Picture

Selama panggilan video, geser layar ke atas atau bawah untuk mengaktifkan mode picture-in-picture. Anda akan melihat tampilan video kecil yang mengambang di atas aplikasi lain yang sedang Anda gunakan.

Summary: Geser layar ke atas atau bawah untuk mengaktifkan mode picture-in-picture selama panggilan video.

4. Minimize Video Call ke Layar Kecil

Untuk mengaktifkan minimize video call WhatsApp, ketuk ikon video yang muncul di pojok kanan bawah tampilan picture-in-picture. Panggilan video akan berubah menjadi bentuk kecil dan tetap tampil di layar, sehingga Anda dapat melakukan multitasking tanpa harus menghentikan panggilan.

Summary: Ketuk ikon video di pojok kanan bawah untuk mengaktifkan minimize video call WhatsApp.

5. Menggeser Layar Video Call

Jika Anda ingin menggeser posisi layar video call WhatsApp ke bagian lain, cukup geser ke tempat yang Anda inginkan. Anda dapat menempatkannya di mana pun yang nyaman untuk Anda.

Artikel Lain:  Apakah Mengambil Kartu ATM Mandiri Bisa Diwakilkan?

Summary: Geser layar video call ke posisi yang Anda inginkan.

6. Mengembalikan Ukuran Layar Video Call

Jika Anda ingin mengembalikan ukuran layar video call WhatsApp ke ukuran normal, cukup ketuk video dan tahan selama beberapa detik. Layar video call akan kembali ke ukuran normal dan Anda dapat melanjutkan panggilan seperti biasa.

Summary: Ketuk dan tahan video call untuk mengembalikan ukurannya ke ukuran normal.

7. Mengakhiri Panggilan Video

Untuk mengakhiri panggilan video, cukup ketuk ikon merah dengan ikon telepon di atasnya yang terletak di pojok kanan bawah. Panggilan video akan segera berakhir.

Summary: Ketuk ikon merah dengan ikon telepon di atasnya untuk mengakhiri panggilan video.

8. Mengatur Ukuran Layar Video Call

Jika Anda merasa ukuran layar video call WhatsApp terlalu kecil atau terlalu besar, Anda dapat mengatur ukurannya sesuai dengan preferensi Anda. Cukup ketuk dan tahan video call, lalu geser ke arah yang diinginkan.

Summary: Ketuk dan tahan video call untuk mengatur ukurannya sesuai dengan preferensi Anda.

9. Menggunakan Fitur Lain Saat Minimize Video Call

Saat panggilan video WhatsApp Anda sedang minimize, Anda masih dapat menggunakan fitur lain di aplikasi WhatsApp seperti mengirim pesan teks atau berbagi file. Anda juga dapat membuka aplikasi lain dan melakukan multitasking tanpa harus menghentikan panggilan.

Artikel Lain:  Perbedaan KKN Tematik dan Reguler: Panduan Lengkap

Summary: Saat panggilan video minimize, Anda masih dapat menggunakan fitur lain di aplikasi WhatsApp atau membuka aplikasi lain.

10. Menonaktifkan Minimize Video Call

Jika Anda ingin menonaktifkan fitur minimize video call WhatsApp, cukup ketuk ikon video yang muncul di pojok kanan bawah tampilan picture-in-picture. Panggilan video akan kembali ke tampilan penuh dan mengisi layar ponsel Anda.

Summary: Ketuk ikon video di pojok kanan bawah untuk menonaktifkan fitur minimize video call WhatsApp.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda sekarang dapat mengaktifkan dan menggunakan fitur minimize video call WhatsApp dengan mudah. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan multitasking tanpa harus menghentikan panggilan, sehingga Anda dapat lebih produktif saat menggunakan aplikasi WhatsApp. Selamat mencoba!

Leave a Comment