Cara Mengedit Google Form yang Sudah Dikirim: Panduan Lengkap

Google Form adalah alat yang sangat berguna untuk membuat survei, kuesioner, dan formulir online lainnya. Namun, terkadang setelah mengirimkan formulir, Anda mungkin perlu melakukan beberapa perubahan atau penyesuaian. Apakah Anda tahu bahwa ada cara untuk mengedit Google Form yang sudah dikirim?

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengedit Google Form yang sudah dikirim. Kami akan menjelaskan langkah demi langkah bagaimana Anda dapat mengubah pertanyaan, mengedit tampilan, menambahkan atau menghapus opsi jawaban, dan banyak lagi. Dengan informasi yang kami berikan, Anda dapat mengelola formulir tersebut dengan mudah dan memastikan data yang Anda terima tetap akurat dan berguna.

1. Membuka Google Form yang Sudah Dikirim

Setelah mengirimkan Google Form, pertama-tama, buka formulir yang ingin Anda edit. Anda dapat melakukannya dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan membuka email konfirmasi yang dikirimkan oleh Google setelah formulir dikirimkan. Anda juga dapat mencari formulir di Google Drive atau melalui tautan yang Anda bagikan sebelumnya.

Sekarang, mari kita lihat bagaimana Anda dapat mengedit Google Form yang sudah dikirim.

2. Mengedit Pertanyaan

Langkah pertama dalam mengedit Google Form yang sudah dikirim adalah dengan mengubah pertanyaan. Ini mungkin diperlukan jika Anda ingin mengoreksi kesalahan atau menambahkan detail yang lebih jelas. Untuk mengedit pertanyaan di Google Form, ikuti langkah-langkah berikut:

Artikel Lain:  Makalah Tentang Kebugaran Jasmani: Panduan Lengkap untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

– Buka formulir yang ingin Anda edit.

– Pilih pertanyaan yang ingin Anda ubah dengan mengkliknya.

– Ubah teks pertanyaan atau pilihan jawaban seperti yang Anda inginkan.

– Klik tombol “Simpan” untuk menyimpan perubahan.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah mengedit pertanyaan di Google Form yang sudah dikirim.

3. Mengubah Tampilan Formulir

Selain mengedit pertanyaan, Anda juga dapat mengubah tampilan formulir untuk memberikan sentuhan personal atau memadukannya dengan merek atau tema tertentu. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengubah tampilan Google Form yang sudah dikirim:

– Buka formulir yang ingin Anda edit.

– Klik opsi “Tema” di bagian atas halaman.

– Pilih tema atau sesuaikan warna, latar belakang, dan font sesuai keinginan Anda.

– Klik tombol “Simpan” untuk menyimpan perubahan.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat mengubah tampilan Google Form yang sudah dikirim agar lebih menarik dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Menambahkan atau Menghapus Opsi Jawaban

Selanjutnya, Anda mungkin ingin menambahkan atau menghapus opsi jawaban pada pertanyaan tertentu di Google Form yang sudah dikirim. Berikut adalah langkah-langkahnya:

– Buka formulir yang ingin Anda edit.

– Pilih pertanyaan yang ingin Anda ubah dengan mengkliknya.

– Untuk menambahkan opsi jawaban baru, klik ikon “Tambahkan opsi lain”.

– Untuk menghapus opsi jawaban, klik ikon “Hapus” di samping opsi yang ingin Anda hapus.

Artikel Lain:  Mod Bussid Supir dan Kernet: Panduan Lengkap untuk Penggemar Simulasi Bus

– Klik tombol “Simpan” untuk menyimpan perubahan.

Dengan langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah menambahkan atau menghapus opsi jawaban pada pertanyaan di Google Form yang sudah dikirim.

5. Memperbarui Larangan dan Persyaratan

Ketika mengedit Google Form yang sudah dikirim, Anda juga dapat memperbarui larangan dan persyaratan yang mungkin perlu diperbarui. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya:

– Buka formulir yang ingin Anda edit.

– Pilih pertanyaan yang ingin Anda ubah dengan mengkliknya.

– Klik opsi “Menyunting” di sebelah kanan pertanyaan.

– Perbarui larangan atau persyaratan yang diperlukan.

– Klik tombol “Simpan” untuk menyimpan perubahan.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat memperbarui larangan dan persyaratan pada pertanyaan di Google Form yang sudah dikirim dengan mudah.

6. Melihat Tanggapan dan Mengedit Spreadsheet Terkait

Selain mengedit formulir itu sendiri, Anda juga dapat melihat tanggapan yang telah diterima dan mengedit spreadsheet terkait. Berikut adalah langkah-langkahnya:

– Buka formulir yang ingin Anda edit.

– Klik tab “Tanggapan” di bagian atas halaman.

– Untuk melihat tanggapan, klik tombol “Lihat tanggapan”.

– Untuk mengedit spreadsheet terkait, klik ikon “Spreadsheet” di sebelah tombol “Lihat tanggapan”.

Dengan langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah melihat tanggapan dan mengedit spreadsheet terkait di Google Form yang sudah dikirim.

7. Mengaktifkan atau Menonaktifkan Formulir

Anda juga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan formulir yang sudah dikirim jika Anda ingin menghentikan pengiriman tanggapan atau melanjutkan penerimaan tanggapan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Artikel Lain:  Contoh Soal Teks Tanggapan Beserta Jawabannya: Panduan Lengkap

– Buka formulir yang ingin Anda edit.

– Klik opsi “Tanggapan” di bagian atas halaman.

– Pilih “Terima tanggapan” atau “Hentikan menerima tanggapan” sesuai kebutuhan Anda.

– Klik tombol “Simpan” untuk menyimpan perubahan.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah mengaktifkan atau menonaktifkan formulir di Google Form yang sudah dikirim.

8. Menggunakan Add-Ons untuk Mengedit Formulir

Google juga menyediakan add-ons yang dapat membantu Anda mengedit formulir yang sudah dikirim. Beberapa add-ons populer termasuk “Form Publisher” dan “FormLimiter”. Anda dapat menginstal dan menggunakan add-ons ini untuk menambahkan fitur dan fungsionalitas tambahan ke Google Form yang sudah dikirim. Cari add-ons yang sesuai dengan kebutuhan Anda di Google Workspace Marketplace.

9. Berbagi Kembali Formulir yang Telah Diperbarui

Jika Anda telah mengedit Google Form yang sudah dikirim dan ingin berbagi kembali formulir yang telah diperbarui, Anda dapat menggunakan opsi berbagi atau mengirim tautan formulir yang diperbarui kepada responden. Pastikan untuk memperbarui tautan atau pengaturan berbagi yang relevan agar responden dapat mengakses formulir yang telah diperbarui dengan benar.

10. Melakukan Uji Coba sebelum Mengirimkan

Terakhir, untuk menghindari kebutuhan untuk mengedit Google Form yang sudah dikirim, disarankan untuk melakukan uji coba sebelum mengirimkan formulir kepada responden. Dengan melakukan uji coba, Anda dapat memastikan bahwa pertanyaan, tampilan, opsi jawaban, dan pengaturan lainnya sudah sesuai dengan harapan Anda sebelum formulir dikirimkan. Uji coba dapat membantu mengurangi kemungkinan perlu melakukan perubahan setelah pengiriman.

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap tentang cara mengedit Google Form yang sudah dikirim. Dari mengubah pertanyaan hingga menambahkan atau menghapus opsi jawaban, Anda sekarang memiliki pengetahuan yang diperlukan untuk mengelola formulir Anda dengan mudah. Ingatlah untuk selalu melihat tanggapan yang diterima dan memperbarui spreadsheet terkait jika diperlukan. Dengan menggunakan fitur-fitur ini, Anda dapat memastikan bahwa formulir Anda tetap akurat dan bermanfaat bagi responden Anda.

Leave a Comment