cara paralel parabola 1 receiver 2 tv

Pendahuluan

Parabola merupakan alat yang digunakan untuk menangkap sinyal televisi satelit. Biasanya, satu parabola hanya dapat digunakan untuk satu televisi. Namun, ada cara untuk membagi sinyal parabola tersebut ke dua televisi dengan menggunakan satu receiver. Artikel ini akan membahas tentang cara paralel parabola 1 receiver 2 tv secara detail.

Langkah 1: Memiliki Perangkat yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses paralel parabola, pastikan Anda memiliki perangkat-perangkat yang dibutuhkan, antara lain:

  • 1 parabola dengan LNB ganda
  • 1 receiver satelit
  • 2 kabel coaxial RG6
  • 1 splitter
  • 2 kabel HDMI atau RCA

Langkah 2: Pemasangan LNB Ganda

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memasang LNB ganda pada parabola. LNB ganda ini akan memungkinkan Anda untuk menerima sinyal dari dua satelit yang berbeda. Pastikan LNB ganda terpasang dengan baik dan kencang.

Langkah 3: Pemasangan Kabel Coaxial

Selanjutnya, hubungkan dua kabel coaxial RG6 ke kedua output LNB ganda. Pastikan kabel-kabel tersebut terpasang dengan baik dan tidak ada kebocoran sinyal.

Artikel Lain:  Cara Install FreeNAS di VirtualBox

Langkah 4: Pemasangan Splitter

Selanjutnya, hubungkan salah satu ujung kabel coaxial ke input splitter. Splitter ini akan membagi sinyal dari parabola ke dua output yang berbeda. Pastikan splitter terpasang dengan baik dan kencang.

Langkah 5: Hubungkan Receiver dan Televisi

Langkah terakhir adalah menghubungkan receiver dengan kedua televisi. Gunakan kabel HDMI atau RCA untuk menghubungkan receiver dengan televisi pertama. Pastikan kabel terpasang dengan baik dan tidak ada kabel yang longgar.

Langkah 6: Penyesuaian pada Receiver

Setelah semua perangkat terhubung, nyalakan receiver dan televisi. Lakukan penyesuaian pada receiver untuk mendapatkan sinyal dari kedua satelit. Pastikan receiver telah diatur untuk menerima sinyal parabola dari satelit yang diinginkan.

Keuntungan dan Kerugian

Cara paralel parabola 1 receiver 2 tv memiliki beberapa keuntungan, di antaranya:

  • Anda dapat menonton saluran televisi yang berbeda di dua televisi yang berbeda secara bersamaan.
  • Anda tidak perlu membeli receiver tambahan.
  • Anda dapat menghemat biaya karena hanya menggunakan satu parabola.

Namun, ada beberapa kerugian yang perlu diperhatikan, seperti:

  • Kualitas sinyal dapat terpengaruh karena pembagian sinyal.
  • Jika ada gangguan pada salah satu televisi, maka televisi lainnya juga akan terpengaruh.

Kesimpulan

Memasang parabola 1 receiver 2 tv dapat dilakukan dengan langkah-langkah yang sederhana. Pastikan Anda memiliki semua perangkat yang dibutuhkan dan melakukan pemasangan dengan benar. Meskipun memiliki keuntungan, Anda juga perlu mempertimbangkan kerugian yang mungkin terjadi. Dengan melakukan paralel parabola, Anda dapat menikmati tayangan televisi favorit di dua televisi yang berbeda tanpa perlu membeli receiver tambahan.

Leave a Comment