Cara VC WA Sambil Buka Aplikasi Lain: Panduan Lengkap

Video call (VC) melalui aplikasi WhatsApp (WA) telah menjadi salah satu cara populer untuk tetap terhubung dengan keluarga, teman, atau rekan kerja di era digital saat ini. Namun, sering kali kita ingin menggunakan fitur video call ini sambil membuka aplikasi lain di smartphone kita. Apakah mungkin untuk melakukannya? Bagaimana cara melakukannya? Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara melakukan video call melalui WhatsApp sambil membuka aplikasi lain di perangkat Anda.

Sebelum kita masuk ke panduan langkah demi langkah, penting untuk dicatat bahwa kemampuan untuk melakukan video call sambil membuka aplikasi lain tergantung pada tipe smartphone dan sistem operasi yang Anda gunakan. Beberapa perangkat dan versi sistem operasi mungkin memiliki fitur bawaan yang memungkinkan Anda untuk melakukannya, sementara yang lain mungkin memerlukan aplikasi pihak ketiga atau pengaturan khusus. Berikut adalah beberapa metode yang dapat Anda coba.

1. Metode Split Screen

Metode pertama yang dapat Anda coba adalah menggunakan fitur split screen pada smartphone Anda. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menjalankan dua aplikasi secara bersamaan di layar yang terbagi. Namun, tidak semua perangkat dan versi sistem operasi mendukung fitur ini. Berikut adalah langkah-langkahnya:

– Aktifkan fitur split screen di pengaturan perangkat Anda.

Artikel Lain:  Berdasarkan Bahan untuk Membuatnya, Bagaimana Pengelompokan Lampion?

– Buka aplikasi WhatsApp dan mulai video call.

– Kembali ke layar utama dan buka aplikasi lain yang ingin Anda gunakan.

– Seret aplikasi WhatsApp ke bagian atas layar untuk membagi layar menjadi dua bagian.

– Anda sekarang dapat melakukan video call melalui WhatsApp sambil membuka aplikasi lain di bagian bawah layar.

Metode ini mungkin tidak tersedia pada semua perangkat, tetapi jika perangkat Anda mendukung fitur split screen, ini bisa menjadi cara yang mudah dan efektif untuk melakukan video call sambil menggunakan aplikasi lain.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika perangkat Anda tidak memiliki fitur split screen atau Anda ingin lebih fleksibel dalam menggunakan aplikasi lain saat melakukan video call, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa aplikasi yang dirancang khusus untuk tujuan ini, seperti “Floating Apps” atau “Parallel Space”. Berikut adalah langkah-langkahnya:

– Unduh dan instal aplikasi pihak ketiga yang sesuai dengan perangkat Anda.

– Buka aplikasi pihak ketiga dan tambahkan WhatsApp sebagai aplikasi yang ingin Anda buka dalam mode mengambang atau mode paralel.

– Mulai video call melalui WhatsApp melalui aplikasi pihak ketiga ini.

– Anda sekarang dapat membuka aplikasi lain di perangkat Anda dan tetap melakukan video call melalui WhatsApp.

Pastikan untuk mengikuti petunjuk pengaturan dan penggunaan aplikasi pihak ketiga tersebut dengan cermat untuk memastikan kenyamanan dan keamanan penggunaan.

Artikel Lain:  Dewi Candrawulan: Kisah, Keunikan, dan Kekuatan Mistisnya

3. Pengaturan Khusus pada Perangkat

Selain menggunakan fitur split screen atau aplikasi pihak ketiga, beberapa perangkat dan versi sistem operasi memungkinkan pengaturan khusus yang memungkinkan Anda melakukan video call melalui WhatsApp sambil membuka aplikasi lain. Berikut adalah langkah-langkah umumnya:

– Buka pengaturan perangkat Anda.

– Cari opsi “Multi-Window” atau “Split Screen”.

– Aktifkan opsi ini jika belum aktif.

– Buka aplikasi WhatsApp dan mulai video call.

– Anda sekarang dapat membuka aplikasi lain di perangkat Anda dan tetap melakukan video call melalui WhatsApp.

Jika perangkat Anda memiliki pengaturan khusus seperti ini, pastikan untuk mengaktifkannya dan mengikuti petunjuk yang diberikan agar dapat melakukan video call sambil membuka aplikasi lain dengan lancar.

4. Menggunakan Desktop atau Laptop

Jika Anda memiliki akses ke komputer atau laptop, Anda juga dapat melakukan video call melalui WhatsApp melalui aplikasi desktop atau versi webnya. Dengan melakukan video call melalui komputer, Anda dapat dengan mudah membuka dan menggunakan aplikasi lain di smartphone Anda tanpa terganggu oleh layar terbagi atau pengaturan khusus. Berikut adalah langkah-langkahnya:

– Buka aplikasi WhatsApp di komputer atau akses versi webnya melalui browser di komputer Anda.

– Pindai kode QR yang muncul di layar komputer dengan menggunakan fitur “Scan QR Code” pada aplikasi WhatsApp di smartphone Anda.

– Setelah terhubung, Anda dapat memulai video call melalui aplikasi WhatsApp di komputer Anda.

Artikel Lain:  Perbedaan Garnier Kuning dan Pink: Manakah yang Sesuai untuk Anda?

– Anda sekarang dapat membuka dan menggunakan aplikasi lain di smartphone Anda tanpa mengganggu video call.

Melakukan video call melalui komputer atau laptop dapat memberikan pengalaman yang lebih nyaman dan fleksibel saat menggunakan aplikasi lain pada perangkat seluler Anda.

5. Menggunakan Mode Penghematan Baterai

Jika perangkat Anda memiliki mode penghematan baterai yang membatasi penggunaan aplikasi latar belakang, Anda mungkin tidak dapat melakukan video call melalui WhatsApp sambil membuka aplikasi lain secara langsung. Namun, Anda masih dapat mencoba metode ini:

– Aktifkan mode penghematan baterai pada perangkat Anda.

– Buka aplikasi WhatsApp dan mulai video call.

– Kembali ke layar utama dan buka aplikasi lain yang ingin Anda gunakan.

– Meskipun video call mungkin terhenti atau tampil dengan kualitas yang lebih rendah, Anda tetap dapat menggunakan aplikasi lain di perangkat Anda.

Metode ini mungkin tidak memberikan pengalaman video call yang optimal, tetapi dapat berguna jika Anda hanya perlu melakukan video call secara sementara sambil menggunakan aplikasi lain pada perangkat Anda.

Dengan mengetahui beberapa metode ini, Anda dapat melakukan video call melalui WhatsApp sambil membuka aplikasi lain sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan perangkat Anda. Cobalah metode yang sesuai dengan perangkat Anda, dan pastikan untuk mengikuti petunjuk pengaturan dan penggunaan dengan hati-hati untuk memastikan pengalaman yang nyaman dan aman saat melakukan video call sambil menggunakan aplikasi lain.

Apakah Anda pernah mencoba metode ini sebelumnya? Bagikan pengalaman Anda dalam melakukan video call melalui WhatsApp sambil membuka aplikasi lain di kolom komentar di bawah!

Leave a Comment