Contoh Program C++ Membuat Menu Makanan Sederhana

Daftar Isi

Pendahuluan

Program komputer merupakan alat yang sangat berguna dalam membantu menyelesaikan berbagai tugas. Salah satu jenis program yang sering dibuat adalah program dengan menggunakan bahasa pemrograman C++. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang contoh program C++ yang dapat digunakan untuk membuat menu makanan sederhana.

Membuat Menu Makanan

Program yang akan kita buat ini akan memungkinkan pengguna untuk melihat daftar menu makanan yang tersedia, memilih menu yang diinginkan, dan menampilkan total harga yang harus dibayarkan. Program ini sangat berguna bagi pemilik restoran atau kafe kecil yang ingin memiliki sistem pemesanan makanan yang efisien.

Pertama-tama, kita perlu mendefinisikan daftar menu makanan yang tersedia. Dalam contoh ini, kita akan menggunakan empat jenis makanan: nasi goreng, ayam goreng, mie goreng, dan bakso. Setiap jenis makanan akan memiliki harga yang berbeda-beda.

Setelah mendefinisikan daftar menu makanan, kita dapat membuat tampilan menu yang akan ditampilkan kepada pengguna. Dalam contoh ini, kita akan menggunakan tampilan berupa teks sederhana yang akan ditampilkan di layar konsol.

Kemudian, kita perlu meminta pengguna untuk memilih menu yang diinginkan. Untuk itu, kita dapat menggunakan fitur input pada bahasa pemrograman C++. Pengguna dapat memasukkan nomor menu yang sesuai dengan makanan yang ingin dipesan.

Artikel Lain:  Contoh SOP Sekolah SMA: Panduan Lengkap untuk Efektivitas Administrasi Sekolah

Setelah pengguna memilih menu, program akan menghitung total harga berdasarkan menu yang dipilih. Program juga harus menghitung total harga jika pengguna memilih lebih dari satu menu. Misalnya, jika pengguna memilih nasi goreng dan ayam goreng, program harus menghitung total harga kedua menu tersebut.

Terakhir, program akan menampilkan total harga yang harus dibayarkan kepada pengguna. Pengguna dapat membayarnya sesuai dengan metode yang disediakan oleh restoran atau kafe.

Kesimpulan

Demikianlah contoh program C++ yang dapat digunakan untuk membuat menu makanan sederhana. Program ini sangat berguna dalam membantu pemilik restoran atau kafe kecil dalam mengelola sistem pemesanan makanan. Dengan menggunakan bahasa pemrograman C++, pemilik restoran atau kafe dapat membuat program sesuai dengan kebutuhan mereka. Selamat mencoba!

Leave a Comment