by

Keindahan Alam Sungai Maron Pacitan

-Wisata-238 views

Kabupaten Pacitan… Pastinya sudah tak asing kan dengan nama daerah tersebut. Ya, kabupaten yang berjarak sekitar 270 km jauhnya dari Kota Surabaya ini sangat populer dengan keindahan pantai dan guanya. Bahkan Pacitan juga mendapatkan julukan sebagai kota 1001 gua karena saking banyaknya gua di sana.

Namun, kali ini saya tidak akan mengupas tentang pantai dan gua yang ada di sana, melainkan akan membahas tentang Sungai Maron yang disebut-sebut sebagai Amazon-nya Pacitan. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

Keindahan Alam Sungai Maron Pacitan
Keindahan Alam Sungai Maron Pacitan

Daya Tarik Sungai Maron

Sungai Maron merupakan salah satu objek wisata di Pacitan yang memiliki kedalaman hingga 20 meter (untuk bagian yang paling dalamnya). Airnya sangat jernih dan di tepiannya banyak ditumbuhi pohon kelapa dan pohon hijau lainnya yang akan menghadirkan suasana yang sejuk. Keberadaan pepohonan hijau inilah yang kemudian membuat sungai ini mendapat julukan The Indonesia’s Amazon dan Green Canyon.

Tak hanya sejuk saja, Sungai Maron juga menjanjikan suasana yang sangat tenang, sehingga sangat cocok untuk Anda yang sedang memiliki banyak beban dalam pikiran.

Nah, cara terbaik untuk Anda bisa menikmati keindahan Sungai Maron secara keseluruhan ini adalah dengan melakukan kegiatan susur sungai. Kegiatan ini bisa Anda lakukan dengan cara menyewa perahu terlebih dahulu, yang biayanya tergantung pada kondisi perahu tersebut, Kisaran harganya mulai rentang harga Rp 100.000,- hingga Rp 150.000,- dengan kapasitas 5 orang hingga 6 orang. Biaya ini pastinya sudah dengan juru kemudi perahu yang sekaligus berperan sebagai pemandu.

Jangan terlalu tergoda dengan kejernihan airnya, karena selain kedalamannya mencapai 20 meter, sungai ini juga memiliki arus yang cukup deras. Kegiatan susur ini bahkan bisa mengantarkan Anda menuju ke Pantai Ngiroboyo yang merupakan tempat bermuaranya sungai Maron ini.

Lokasi Sungai Maron dan Rute Menuju ke Sana

Setelah mengetahui beragam daya tarik Sungai Maron, tentunya sudah tak sabar ingin berkunjung ke sana bukan? Langsung saja Anda datang ke Desa Darsono, karena di desa inilah Sungai Maron berada. Adapun Desa Darsono sendiri merupakan bagian dari Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan.

Mengenai rutenya, Anda bisa mengikuti rute yang mengarah ke Goa Gong. Nanti setelah sampai di Goa Gong ini, Anda perlu melanjutkan perjalanan kira-kira sejauh 15 km lagi untuk bisa sampai ke sana. Harap berhati-hati di perjalanan, karena kondisi jalan menuju ke sana masih belum bisa dikatakan mulus. 

Sungai Maron Pacitan
Sungai Maron Pacitan

Fasilitas yang Ada di Sungai Maron

Objek wisata Sungai Maron bahkan sudah dilengkapi oleh berbagai fasilitas seperti tempat parkir, warung makan, toilet umum dan juga persewaan berbagai alat pendukung berwisata. Tentu hal ini akan semakin membuat Anda merasa nyaman ketika berwisata di sungai Maron Pacitan ini. Bagi Anda yang suka berfoto jangan lupa untuk membawa kamera, dan juga bekal makanan/camilan jika memang dirasa perlu. Selamat berlibur.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *