Perbedaan Est dan Since: Penjelasan Lengkap

Dalam bahasa Inggris, terdapat beberapa kata yang sering digunakan untuk menyatakan waktu, seperti “est” dan “since”. Meskipun keduanya memiliki hubungan dengan waktu, namun keduanya memiliki perbedaan yang jelas. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci perbedaan antara “est” dan “since” serta bagaimana cara menggunakan keduanya dengan tepat.

1. Pengertian “Est”

Secara umum, “est” digunakan untuk menyatakan waktu di masa depan. Misalnya, “I will go to the beach est Sunday” artinya “Saya akan pergi ke pantai pada hari Minggu yang akan datang”. Kata “est” juga sering digunakan dalam konteks perkiraan atau estimasi, seperti “The meeting will start at 3 PM est” yang berarti “Pertemuan akan dimulai pukul 3 sore perkiraan.

2. Pengertian “Since”

Sementara itu, “since” digunakan untuk menyatakan waktu yang dimulai di masa lalu dan masih berlanjut hingga sekarang. Contohnya, “I have been studying English since 2010” yang berarti “Saya telah belajar bahasa Inggris sejak tahun 2010 dan masih terus belajar hingga sekarang. Kata “since” juga sering digunakan dalam konteks penyebab atau alasan, seperti “He has been tired since he worked all night” yang berarti “Dia merasa lelah sejak dia bekerja semalaman”.

Artikel Lain:  Perbedaan LDII dengan Islam Biasa: Pandangan Mendalam dan Komprehensif

3. Perbedaan dalam Penggunaan

Perbedaan utama antara “est” dan “since” terletak pada waktu yang mereka tunjukkan. Est” digunakan untuk menyatakan waktu di masa depan, sedangkan “since” digunakan untuk menyatakan waktu yang dimulai di masa lalu dan masih berlanjut hingga sekarang.

4. Penggunaan “Est” dalam Kalimat

Untuk menggunakan “est” dengan benar, kita perlu menyertakan waktu yang spesifik di masa depan. Misalnya, “I will travel to Bali est next month” atau “Saya akan pergi ke Bali pada bulan depan yang akan datang”. Dalam kalimat ini, “est” menunjukkan waktu di masa depan, yaitu bulan depan.

5. Penggunaan “Since” dalam Kalimat

Sementara itu, “since” digunakan untuk menyatakan waktu yang dimulai di masa lalu dan masih berlanjut hingga sekarang. Misalnya, “I have known him since we were in elementary school” atau “Saya mengenalnya sejak kita masih di sekolah dasar”. Dalam kalimat ini, “since” menunjukkan waktu yang dimulai di masa lalu (ketika masih di sekolah dasar) dan masih berlanjut hingga sekarang.

6. Kesimpulan

Dalam bahasa Inggris, “est” dan “since” digunakan untuk menyatakan waktu, namun keduanya memiliki perbedaan yang penting. “Est” digunakan untuk menyatakan waktu di masa depan, sedangkan “since” digunakan untuk menyatakan waktu yang dimulai di masa lalu dan masih berlanjut hingga sekarang. Dengan memahami perbedaan ini, kita dapat menggunakan kedua kata tersebut dengan tepat dalam percakapan sehari-hari atau tulisan bahasa Inggris.

Artikel Lain:  Snaptik YouTube: A Comprehensive Guide to This Video Downloading Tool

Apakah Anda telah memahami perbedaan antara “est” dan “since”? Semoga penjelasan di atas dapat membantu Anda dalam menguasai penggunaan kedua kata tersebut dengan baik. Selamat belajar dan semoga sukses!

Leave a Comment