Perbedaan Antara “It” dan “That” dalam Bahasa Inggris: Panduan Lengkap

Bahasa Inggris sering kali membingungkan bagi pemula, terutama ketika harus memahami perbedaan antara kata-kata dengan penggunaan yang mirip. Salah satu contohnya adalah penggunaan “it” dan “that”. Meskipun keduanya terlihat sama, keduanya memiliki perbedaan yang penting dalam konteks kalimat. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan dengan detail dan komprehensif mengenai perbedaan antara “it” dan “that” dalam Bahasa Inggris.

1. Pengertian “It” dan “That”

Pada dasarnya, “it” dan “that” adalah kata ganti dalam Bahasa Inggris. Namun, keduanya digunakan dalam konteks yang berbeda.

Penggunaan “it” lebih umum dan dapat merujuk pada benda, hewan, atau sesuatu yang tidak memiliki jenis kelamin tertentu. Contohnya, “I found a book, and it was interesting.” Di sini, “it” mengacu pada buku yang tidak memiliki jenis kelamin.

Sementara itu, “that” digunakan untuk menunjuk pada sesuatu yang lebih spesifik atau lebih jauh dari pembicara. Contohnya, “That car over there is mine.” Kata “that” dalam contoh ini menunjukkan mobil yang berada di tempat yang lebih jauh dari pembicara.

2. Penggunaan “It”

Penggunaan “it” dalam Bahasa Inggris sangat luas dan dapat diterapkan dalam berbagai konteks. Berikut adalah beberapa penggunaan umum dari “it”:

Artikel Lain:  Acuan Utama dalam Pengembangan Desain Kurikulum: Panduan Lengkap

a. Kata ganti untuk benda dan hewan yang tidak memiliki jenis kelamin

Contoh: “I have a cat, and it is very playful.”

b. Kata ganti untuk waktu, cuaca, dan situasi

Contoh: “It is raining outside.”

c. Kata ganti untuk menggantikan kata benda yang sudah disebutkan sebelumnya

Contoh: “I have a book. It is on the table.”

3. Penggunaan “That”

That” digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang terletak lebih jauh dari pembicara atau untuk menunjukkan sesuatu yang telah disebutkan sebelumnya. Berikut adalah beberapa penggunaan umum dari “that”:

a. Menunjukkan sesuatu yang terletak lebih jauh

Contoh: “That house across the street is beautiful.”

b. Menunjukkan sesuatu yang telah disebutkan sebelumnya

Contoh: “I have a car. That car is red.”

4. Perbedaan Lainnya

Selain penggunaan yang telah disebutkan di atas, “it” dan “that” juga memiliki perbedaan lainnya:

a. Penggunaan “it” lebih umum dan lebih serbaguna dibandingkan “that”

b. “That” digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang lebih spesifik atau lebih jauh

c. “That” dapat digunakan sebagai kata keterangan atau kata sifat tambahan

Kesimpulan

Dalam Bahasa Inggris, perbedaan antara “it” dan “that” sangatlah penting untuk dipahami. Meskipun terlihat serupa, penggunaan keduanya memiliki perbedaan yang signifikan dalam konteks kalimat. “It” digunakan secara umum, sementara “that” digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang lebih spesifik atau lebih jauh. Dengan memahami perbedaan ini, Anda dapat menggunakan keduanya dengan tepat dalam percakapan atau penulisan Bahasa Inggris Anda.

Artikel Lain:  10 Nama Squad ML Keren untuk Meningkatkan Kehebatan Tim Anda

Jadi, jangan lagi bingung dengan penggunaan “it” dan “that”! Dengan memahami perbedaan dan penggunaannya, Anda dapat berbicara Bahasa Inggris dengan lebih lancar dan percaya diri.

Leave a Comment