Perbedaan Like dan Such As dalam Bahasa Indonesia

Like dan such as adalah dua kata dalam bahasa Inggris yang sering digunakan untuk membandingkan atau memberikan contoh. Meskipun keduanya memiliki makna yang mirip, terdapat perbedaan penting dalam penggunaan keduanya. Artikel ini akan menjelaskan perbedaan antara like dan such as serta memberikan contoh penggunaannya dalam bahasa Indonesia.

Penggunaan “Like”

Kata “like” digunakan untuk membandingkan dua hal yang memiliki kesamaan atau kemiripan. Kata ini sering digunakan dalam percakapan sehari-hari dan tulisan informal. Berikut adalah beberapa contoh penggunaan “like” dalam kalimat:

1. Dia mengenakan pakaian seperti yang saya kenakan.

2. Aku ingin memiliki mobil sport seperti miliknya.

3. Mereka bermain sepak bola seperti pemain profesional.

4. Kamu berbicara seperti seorang ahli.

Pada contoh-contoh di atas, kata “like” digunakan untuk membandingkan dua hal yang memiliki kesamaan atau kemiripan. Penggunaan “like” ini tidak terlalu formal dan biasanya digunakan dalam situasi yang santai.

Penggunaan “Such As”

Kata “such as” digunakan untuk memberikan contoh atau melengkapi daftar. Kata ini cenderung lebih formal dan sering digunakan dalam tulisan resmi atau akademik. Berikut adalah beberapa contoh penggunaan “such as” dalam kalimat:

Artikel Lain:  Stock ROM Andromax C: Mengembalikan Ponsel Anda ke Keadaan Awal

1. Dia menyukai buah-buahan, seperti apel, jeruk, dan pisang.

2. Beberapa hewan yang dilindungi di Indonesia, seperti harimau Sumatera, orangutan, dan komodo.

3. Dia memiliki hobi yang beragam, seperti membaca, menulis, dan berkebun.

4. Saya menyukai makanan Asia, seperti sushi, pad thai, dan nasi goreng.

Pada contoh-contoh di atas, kata “such as” digunakan untuk memberikan contoh atau melengkapi daftar. Penggunaan “such as” ini lebih formal dan sering digunakan dalam konteks yang lebih resmi atau akademik.

Kesimpulan

Secara umum, perbedaan antara like dan such as terletak pada penggunaannya dalam kalimat. Like digunakan untuk membandingkan dua hal yang memiliki kesamaan atau kemiripan dalam percakapan sehari-hari, sedangkan such as digunakan untuk memberikan contoh atau melengkapi daftar dalam tulisan resmi atau akademik. Pemahaman yang baik tentang penggunaan kedua kata ini akan membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dan membuat tulisan lebih jelas dan terstruktur.

Dengan memahami perbedaan antara like dan such as, Anda dapat menggunakan kedua kata tersebut dengan tepat dalam percakapan sehari-hari maupun dalam tulisan formal. Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang penggunaan like dan such as dalam bahasa Indonesia.

Leave a Comment