Perbedaan Look Like dan Looks Like

 

Pendahuluan

Dalam bahasa Inggris, terdapat banyak kosakata dan frasa yang seringkali membingungkan bagi pemula. Salah satunya adalah perbedaan antara “look like” dan “looks like”. Meskipun terdengar mirip, keduanya memiliki perbedaan dalam penggunaan dan arti yang sebenarnya. Pada artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara kedua frasa ini dengan jelas dan ringkas.

Pengertian “Look Like”

Look like” merupakan frasa yang digunakan untuk membandingkan atau menggambarkan kesamaan antara dua hal atau orang. Frasa ini digunakan ketika kita ingin mengatakan bahwa sesuatu atau seseorang tampak atau terlihat serupa dengan yang lain. Misalnya:

“Dia look like kakaknya.”

Artinya, orang tersebut memiliki penampilan atau wajah yang mirip dengan kakaknya.

Pengertian “Looks Like”

Looks like” juga digunakan untuk membandingkan atau menggambarkan kesamaan, tetapi memiliki perbedaan dalam penggunaan tenses. Frasa ini digunakan dalam kalimat tunggal dengan subjek tunggal atau kalimat yang merujuk pada masa sekarang. Misalnya:

“It looks like it’s going to rain.”

Artinya, cuaca terlihat seperti akan hujan.

Perbedaan dalam Penggunaan

Perbedaan utama antara “look like” dan “looks like” terletak pada penggunaan tenses dan subjek yang digunakan. Look like” digunakan dalam kalimat yang merujuk pada masa lampau, sedangkan “looks like” digunakan dalam kalimat yang merujuk pada masa sekarang. Contoh penggunaan “look like” dalam kalimat masa lampau:

Artikel Lain:  Cara Ngeprint Kertas A3 - Tips Mudah dan Praktis!

“He looked like his father when he was young.”

Artinya, dia tampak seperti ayahnya saat dia masih muda.

Kesimpulan

Dalam bahasa Inggris, “look like” dan “looks like” memiliki perbedaan dalam penggunaan tenses dan subjek. “Look like” digunakan dalam kalimat masa lampau, sementara “looks like” digunakan dalam kalimat masa sekarang. Penting untuk memahami perbedaan ini agar dapat menggunakan frasa-frasa ini dengan benar dalam percakapan sehari-hari. Dengan mempelajari perbedaan ini, kita dapat menghindari kesalahan dalam penggunaan bahasa Inggris dan meningkatkan pemahaman kita terhadap tata bahasa yang benar.

 

Leave a Comment