Perbedaan “Look Like” dan “Seem Like”

Ada banyak kata dalam bahasa Inggris yang bisa memiliki arti yang mirip, membuat kita bingung saat menggunakannya. Dua kata tersebut adalah “look like” dan “seem like”. Meskipun keduanya terlihat serupa, sebenarnya ada perbedaan penting antara keduanya. Artikel ini akan menjelaskan perbedaan antara “look like” dan “seem like” dalam Bahasa Inggris.

Penggunaan “Look Like”

Look like” digunakan untuk menyatakan kesan atau penampilan fisik seseorang atau sesuatu yang mirip dengan orang atau sesuatu yang lain. Biasanya, kata ini digunakan untuk menggambarkan penampilan fisik.

Contoh penggunaan “look like”:

1. Dia looks like ibunya. (Dia memiliki penampilan fisik yang mirip dengan ibunya.)

2. Mobil ini looks like mobil milik tetangga saya. (Mobil ini memiliki penampilan yang mirip dengan mobil tetangga saya.)

3. Bunga ini looks like mawar. (Bunga ini memiliki penampilan yang mirip dengan mawar.)

Penggunaan “Seem Like”

“Seem like” digunakan untuk menyatakan kesan atau pendapat seseorang terhadap sesuatu atau seseorang. Kata ini digunakan untuk mengekspresikan persepsi subjektif tentang sesuatu atau seseorang.

Artikel Lain:  Contoh Kasus One Sample T Test

Contoh penggunaan “seem like”:

1. Dia seems like orang yang baik. (Dia memberikan kesan sebagai orang yang baik.)

2. Film ini seems like film yang menarik. (Film ini memberikan kesan sebagai film yang menarik.)

3. Mereka seem like pasangan yang bahagia. (Mereka memberikan kesan sebagai pasangan yang bahagia.)

Perbedaan Antara “Look Like” dan “Seem Like”

Perbedaan antara “look like” dan “seem like” terletak pada penggunaannya. “Look like” digunakan untuk menggambarkan penampilan fisik yang mirip dengan orang atau sesuatu yang lain. Sedangkan “seem like” digunakan untuk menyatakan kesan atau pendapat subjektif tentang sesuatu atau seseorang.

Contoh penggunaan yang salah:

1. Dia looks like orang yang cerdas. (Harusnya “seems like” karena berkaitan dengan pendapat subjektif tentang kecerdasan.)

2. Buku ini seems like buku tulis. (Harusnya “looks like” karena berkaitan dengan penampilan fisik buku.)

Jadi, penting untuk memahami perbedaan antara “look like” dan “seem like” agar dapat menggunakan kata yang tepat dalam konteks yang sesuai. Dengan menggunakan kata-kata ini dengan benar, Anda dapat mengungkapkan diri dengan lebih akurat dalam bahasa Inggris.

Kesimpulan

Dalam bahasa Inggris, terdapat perbedaan antara “look like” dan “seem like”. “Look like” digunakan untuk menggambarkan penampilan fisik yang mirip, sedangkan “seem like” digunakan untuk menyatakan kesan atau pendapat subjektif tentang sesuatu atau seseorang. Penting untuk menggunakan kata yang tepat agar dapat menyampaikan maksud dengan jelas. Dengan memahami perbedaan antara “look like” dan “seem like”, Anda dapat lebih percaya diri dalam menggunakan bahasa Inggris secara tepat.

Leave a Comment