Perbedaan Study dan Studying: Apa yang Perlu Anda Ketahui

Apakah Anda sering bingung dengan penggunaan kata “study” dan “studying” dalam bahasa Inggris? Meski terlihat mirip, keduanya memiliki perbedaan yang penting dalam konteks penggunaannya. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan perbedaan antara study dan studying agar Anda dapat menggunakan keduanya dengan benar dalam percakapan sehari-hari. Mari kita mulai dengan memahami arti dan penggunaan keduanya secara terpisah.

Arti dan Penggunaan Study

Study merupakan kata benda yang merujuk pada aktivitas belajar atau mempelajari suatu subjek secara sistematis. Ketika seseorang “study”, mereka biasanya sedang melakukan kegiatan belajar seperti membaca buku, mencatat catatan, atau mengikuti kelas. Study juga dapat merujuk pada tindakan menginvestigasi atau menyelidiki sesuatu dengan cermat. Misalnya, seorang peneliti dapat melakukan studi mendalam tentang efek perubahan iklim terhadap lingkungan.

1. Perbedaan Study dan Studying dalam Penggunaan Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, study berfungsi sebagai kata benda dan kata kerja, sedangkan studying hanya berfungsi sebagai kata kerja.

Artikel Lain:  Daftar Pustaka dari PPT Dosen: Panduan Lengkap dan Terperinci

2. Perbedaan Study dan Studying dalam Arti

Study merujuk pada aktivitas belajar secara sistematis, sementara studying merujuk pada tindakan belajar atau membaca dengan saksama untuk memahami suatu subjek.

3. Penggunaan Study dalam Konteks Akademik

Study sering digunakan dalam konteks akademik untuk merujuk pada proses belajar yang lebih terstruktur, seperti mengikuti program studi di universitas atau mempersiapkan ujian.

4. Penggunaan Studying dalam Konteks Umum

Studying digunakan secara umum untuk merujuk pada kegiatan belajar tanpa terikat dengan institusi tertentu. Misalnya, seseorang dapat mengatakan bahwa mereka sedang studying tentang sejarah atau studying untuk tes bahasa Inggris.

5. Study sebagai Kata Benda dalam Kalimat

Study dapat digunakan sebagai kata benda dalam kalimat, seperti “I have a study session tonight” yang artinya “Saya memiliki sesi belajar malam ini.”

6. Studying sebagai Kata Kerja dalam Kalimat

Studying hanya digunakan sebagai kata kerja dalam kalimat, seperti “I am studying for my final exam” yang artinya “Saya sedang belajar untuk ujian akhir saya.”

7. Study sebagai Penelitian atau Investigasi

Study juga dapat merujuk pada tindakan melakukan penelitian atau investigasi secara mendalam, seperti “The scientists conducted a study on the effects of pollution” yang artinya “Para ilmuwan melakukan penelitian tentang efek polusi.”

Artikel Lain:  iOne Club: Keanggotaan Premium untuk Pengalaman Belanja yang Luar Biasa

8. Studying sebagai Tindakan Belajar dengan Fokus

Studying lebih mengacu pada tindakan belajar dengan fokus dan usaha yang lebih tinggi, seperti “She spent hours studying for the exam” yang artinya “Dia menghabiskan berjam-jam belajar untuk ujian.

9. Study untuk Menguasai Suatu Subjek

Study digunakan ketika seseorang berupaya untuk memahami dan menguasai suatu subjek dengan baik, seperti “He studied economics in college” yang artinya “Dia mempelajari ilmu ekonomi di perguruan tinggi.

10. Studying untuk Meningkatkan Pemahaman

Studying lebih menekankan pada tindakan membaca atau mempelajari sesuatu secara mendalam untuk meningkatkan pemahaman, seperti “She is studying the book to gain more knowledge” yang artinya “Dia sedang membaca buku dengan seksama untuk mendapatkan pengetahuan lebih.

Kesimpulan

Dalam percakapan sehari-hari, penting untuk memahami perbedaan antara study dan studying agar dapat menggunakan keduanya dengan benar. Study lebih merujuk pada aktivitas belajar secara sistematis, sementara studying lebih menekankan pada tindakan belajar atau membaca dengan saksama untuk memahami suatu subjek. Study juga dapat digunakan sebagai kata benda, sementara studying hanya berfungsi sebagai kata kerja. Dengan pemahaman yang jelas tentang perbedaan ini, Anda dapat menggunakan study dan studying dengan tepat dalam berbagai konteks.

Artikel Lain:  Angka Berikutnya dari 2 2 12 10: Solusi dan Penjelasan Lengkap

Jadi, baik Anda sedang study atau studying, pastikan Anda tetap berkomitmen untuk terus mengembangkan pengetahuan dan pemahaman Anda dalam subjek yang Anda minati!

Leave a Comment