Perbedaan Surat Lamaran Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia

Surat lamaran kerja adalah salah satu dokumen yang penting dalam mencari pekerjaan. Dalam mengirimkan surat lamaran, kita harus memperhatikan dan menyesuaikan dengan bahasa yang digunakan. Ada dua bahasa yang umum digunakan dalam surat lamaran, yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, namun terdapat perbedaan dalam hal struktur, format, dan gaya penulisan.

Perbedaan pertama antara surat lamaran bahasa Inggris dan bahasa Indonesia terletak pada struktur kalimatnya. Dalam bahasa Inggris, kalimat cenderung lebih singkat dan padat, sedangkan dalam bahasa Indonesia, kalimat seringkali lebih panjang dan terdapat pengulangan kata. Misalnya, dalam surat lamaran bahasa Inggris, kita dapat menggunakan kalimat seperti “I am writing to apply for the position of Marketing Executive at your company”, sedangkan dalam bahasa Indonesia, kalimat tersebut akan menjadi “Saya menulis surat ini untuk melamar posisi sebagai Marketing Executive di perusahaan Anda.

Perbedaan kedua terletak pada format penulisan surat lamaran. Dalam bahasa Inggris, surat lamaran biasanya menggunakan format block style, dimana setiap paragraf dimulai dengan indentasi yang sama dan tidak ada jarak antara paragraf. Sedangkan dalam bahasa Indonesia, format yang umum digunakan adalah format semi-block style, dimana setiap paragraf dimulai dengan indentasi yang berbeda dan terdapat jarak antara paragraf. Hal ini perlu diperhatikan agar surat lamaran terlihat rapi dan mudah dibaca oleh pihak yang menerima.

1. Perbedaan Struktur Surat Lamaran

Struktur surat lamaran bahasa Inggris dan bahasa Indonesia memiliki perbedaan yang signifikan. Dalam surat lamaran bahasa Inggris, umumnya terdiri dari tiga bagian utama, yaitu introduction, body, dan closing. Sedangkan dalam surat lamaran bahasa Indonesia, terdapat tambahan bagian lain seperti biodata diri dan riwayat pendidikan.

Artikel Lain:  Anime Terjebak di Dinding: Kisah Menarik di Balik Fenomena Ini

2. Perbedaan Gaya Penulisan

Gaya penulisan dalam surat lamaran bahasa Inggris cenderung lebih formal dan menggunakan bahasa yang lebih sederhana. Sedangkan dalam surat lamaran bahasa Indonesia, gaya penulisan cenderung lebih santai dan lebih banyak menggunakan kata-kata yang bersifat persuasif.

3. Perbedaan Ekspresi Kepentingan

Dalam surat lamaran bahasa Inggris, ekspresi kepentingan biasanya lebih langsung dan to the point. Sedangkan dalam surat lamaran bahasa Indonesia, ekspresi kepentingan seringkali dikemas dengan kata-kata yang lebih berbunga-bunga dan menggunakan gaya bahasa yang lebih kreatif.

4. Perbedaan Penggunaan Referensi

Dalam surat lamaran bahasa Inggris, penggunaan referensi atau rekomendasi dari orang lain seringkali menjadi nilai tambah yang diunggulkan. Sedangkan dalam surat lamaran bahasa Indonesia, referensi atau rekomendasi seringkali diabaikan dan fokus lebih dititikberatkan pada pengalaman dan keahlian yang dimiliki.

5. Perbedaan Panjang Surat Lamaran

Surat lamaran bahasa Inggris cenderung lebih singkat dan padat, sedangkan surat lamaran bahasa Indonesia seringkali lebih panjang karena penggunaan kalimat yang lebih banyak dan perincian yang lebih detail.

6. Perbedaan Penggunaan Bahasa Asing

Surat lamaran bahasa Inggris seringkali menggunakan bahasa asing seperti bahasa Inggris, sedangkan surat lamaran bahasa Indonesia menggunakan bahasa Indonesia secara eksklusif.

Artikel Lain:  Sebutkan Jenis-Jenis Pengawasan Produk: Panduan Lengkap

7. Perbedaan Format Penulisan

Format penulisan surat lamaran bahasa Inggris biasanya menggunakan format block style, sedangkan surat lamaran bahasa Indonesia menggunakan format semi-block style.

8. Perbedaan Tanda Baca

Pada surat lamaran bahasa Inggris, penggunaan tanda baca seperti titik dan koma lebih konsisten dan sesuai dengan aturan tata bahasa Inggris. Sedangkan pada surat lamaran bahasa Indonesia, penggunaan tanda baca seringkali lebih fleksibel dan mengikuti gaya penulisan bahasa Indonesia.

9. Perbedaan Penulisan Tanggal

Dalam surat lamaran bahasa Inggris, penulisan tanggal biasanya menggunakan format bulan-hari-tahun (month-day-year) seperti “March 15, 2022”. Sedangkan dalam surat lamaran bahasa Indonesia, penulisan tanggal menggunakan format hari-bulan-tahun seperti “15 Maret 2022”.

10. Perbedaan Salam Penutup

Dalam surat lamaran bahasa Inggris, salam penutup biasanya menggunakan frasa seperti “Sincerely” atau “Best regards”, sedangkan dalam surat lamaran bahasa Indonesia, salam penutup biasanya menggunakan frasa seperti “Hormat saya” atau “Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya”.

Dalam kesimpulannya, meskipun surat lamaran bahasa Inggris dan bahasa Indonesia memiliki tujuan yang sama, namun terdapat perbedaan dalam hal struktur, format, dan gaya penulisan. Penting bagi kita untuk memahami perbedaan ini agar dapat membuat surat lamaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, pastikan juga untuk melengkapi surat lamaran dengan informasi yang relevan dan menarik agar dapat meningkatkan peluang kita dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Leave a Comment