VM UNBK 2019: Ujian Nasional Berbasis Komputer Tanpa Gangguan

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) merupakan salah satu bentuk ujian akhir yang dilakukan oleh siswa di Indonesia. UNBK bertujuan untuk menguji kompetensi siswa dalam berbagai mata pelajaran secara nasional, dengan menggunakan teknologi komputer sebagai media penyelenggaraan ujian.

Pada tahun 2019, UNBK menjadi salah satu topik yang hangat diperbincangkan di kalangan siswa, guru, dan orang tua. UNBK pada tahun tersebut menghadirkan fitur baru yang disebut dengan VM UNBK 2019. VM UNBK 2019 merupakan Virtual Machine yang digunakan sebagai sarana untuk menjalankan ujian di komputer siswa.

Dalam pelaksanaannya, VM UNBK 2019 bertujuan untuk menciptakan ujian yang berlangsung tanpa gangguan. Gangguan yang dimaksud adalah segala bentuk tindakan yang dapat mengakibatkan kecurangan dalam pelaksanaan ujian. Dengan menggunakan VM UNBK 2019, diharapkan siswa dapat mengerjakan soal-soal ujian dengan adil dan jujur.

Keunggulan VM UNBK 2019

VM UNBK 2019 memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan utama dalam pelaksanaan UNBK. Pertama, VM UNBK 2019 memberikan keamanan yang tinggi. Dalam VM tersebut, semua akses ke internet dan sistem operasi komputer siswa dibatasi, sehingga mencegah kemungkinan terjadinya tindakan curang seperti mencari jawaban di internet.

Artikel Lain:  Kenapa Follower Instagram (IG) Banyak yang Berkurang?

Kedua, VM UNBK 2019 juga menjamin privasi siswa. Data pribadi siswa yang tersimpan di komputer tidak dapat diakses oleh pihak lain selain siswa itu sendiri. Hal ini menjaga kerahasiaan data siswa dan mencegah penyalahgunaan informasi pribadi.

Ketiga, VM UNBK 2019 memiliki tampilan yang user-friendly. Antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan membuat siswa dapat fokus pada mengerjakan soal ujian tanpa harus membuang waktu untuk mempelajari cara penggunaannya.

Keempat, VM UNBK 2019 juga memudahkan proses pengawasan. Guru pengawas dapat dengan mudah mengontrol dan memantau aktivitas siswa selama ujian berlangsung. Jika terdapat siswa yang mencoba melakukan tindakan curang, guru pengawas dapat segera mengambil tindakan yang sesuai.

Persiapan VM UNBK 2019

Sebelum pelaksanaan UNBK, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan terkait dengan penggunaan VM UNBK 2019. Pertama, siswa perlu memastikan bahwa komputer yang akan digunakan dalam ujian telah terpasang VM UNBK 2019 dengan benar. Jika terdapat masalah dalam instalasi, segera laporkan kepada pihak yang bertanggung jawab.

Kedua, siswa juga perlu memastikan bahwa komputer yang digunakan memiliki spesifikasi yang memadai untuk menjalankan VM UNBK 2019. Spesifikasi yang direkomendasikan biasanya telah disampaikan sebelumnya oleh sekolah masing-masing.

Artikel Lain:  Soal Tentang Database: Mengenal Konsep Dasar dan Manfaatnya

Ketiga, siswa harus mengikuti prosedur penggunaan VM UNBK 2019 yang telah ditentukan. Jangan mencoba membuka atau mengoperasikan program atau aplikasi lain selain yang diperbolehkan selama ujian berlangsung.

Tips Menghadapi VM UNBK 2019

Agar dapat menghadapi VM UNBK 2019 dengan baik, berikut beberapa tips yang dapat diikuti oleh siswa:

1. Persiapkan diri dengan baik sebelum ujian dimulai. Pastikan kamu telah mempelajari materi-materi yang akan diujikan.

2. Cek kembali semua peralatan yang akan digunakan, termasuk komputer dan akun pengguna yang telah disediakan.

3. Jaga konsentrasi selama ujian berlangsung. Hindari godaan untuk melakukan tindakan curang.

4. Jangan panik jika terdapat masalah teknis. Segera laporkan kepada guru pengawas agar dapat segera ditangani.

5. Manfaatkan waktu dengan baik. Usahakan untuk menjawab semua soal dengan sebaik mungkin.

Conclusion

Pelaksanaan VM UNBK 2019 merupakan langkah maju dalam penyelenggaraan ujian nasional di Indonesia. Dengan menggunakan VM UNBK 2019, diharapkan dapat tercipta ujian yang berlangsung dengan adil dan jujur, serta menjaga keamanan dan privasi siswa. Melalui persiapan yang matang dan mengikuti tips yang diberikan, siswa diharapkan dapat menghadapi VM UNBK 2019 dengan baik dan meraih hasil yang memuaskan.

Leave a Comment