by

Aplikasi Perpustakaan Sekolah Gratis

-Aplikasi-1,169 views

Aplikasi Perpustakaan Sekolah ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic .NET. Untuk IDE (Integrated Development Environtment). Kami menggunakan Microsoft Visual Studio 2017, dengan versi .NET Framework 4.6.1.

Sedangkan untuk tipe database engine, Kami menggunakan database MySQL dengan menggunakan XAMPP yang berjalan pada sistem operasi Windows 10 sebagai aplikasi penyedia database engine.

Namun untuk keperluan aplikasi yang berjalan pada client-server, Kami menggunakan MySQL database yang berjalan pada Debian Server berbasis sistem operasi linux agar menjadi lebih mudah, lebih cepat, dan lebih efisien.

  • Antarmuka Pengguna

Pada Aplikasi Perpustakaan Sekolah ini terdapat kurang lebih ± 22 form dengan 15 form sebagai form utama, dan sisanya adalah form tambahan (sub form). Untuk detail fungsi dari setiap form maka akan dibahas penulis dalam penjelasan berikut ini.

  • Form Login

Form yang pertama kali muncul setelah Aplikasi Perpustakaan ini dijalankan adalah “Form Login”. Pada form ini pengguna Aplikasi Perpustakaan akan diminta untuk memasukkan username dan password. Secara default username dan password pada Aplikasi Perpustakaan ini adalah “admin” dan “admin”. Berikut adalah tampilan halaman login pada Aplikasi Perpustakaan Sekolah ini.

Form Login
Form Login

Seperti yang terlihat pada tampilan halaman login, terdapat juga dua cek box, Tampilkan Password dan Konfigurasi Database. Tampilkan Password digunakan untuk menampilkan karakter password asli, sedangkan Konfigurasi Database hanya akan muncul jika database belum dikonfigurasi (atau saat pertama kali setelah instalasi).

  • Form Loading

Form Loading akan muncul setelah pengguna aplikasi berhasil login menggunakan username dan password yang telah disediakan. Berikut adalah tampilan dari Form Loading.

Form Loading
Form Loading

Pada Form Loading terdapat sebuah progressbar dan nomor yang menampilkan progress aplikasi sebelum membuka Form Menu.

  • Form Menu

Form Menu digunakan untuk menampilkan semua menu yang tersedia pada aplikasi. Tidak semua menu akan bisa aktif ketika pengguna masuk pada aplikasi. Penggunaan menu dibatasi oleh tingkat hak akses mulai dari yang tertinggi hingga terendah yaitu Admin, Operator, dan Pengunjung. Berikut adalah tampilan dari Form Menu pada aplikasi ini.

Form Menu
Form Menu

Pada Form Menu terdapat tampilan menu-menu, dari yang menggunakan button hingga yang menggunakan menu tipe strip. Setiap menu memiliki fungsi yang berbeda, dan akan menampilkan form yang berkaitan dengan menu yang di klik oleh pengguna.

  • Form Pengisian Data Siswa

Form Pengisian Data Siswa digunakan untuk memasukkan serta menampilkan detail data diri siswa pada aplikasi perpustakaan ini. Berikut adalah tampilan dari Form Pengisian Data Siswa.

Form Data Siswa
Form Data Siswa

Pada Form Pengisian Data Siswa Admin atau Operator dapat memasukkan dan mengedit data siswa. Pekerjaan ini juga dapat dilakukan dengan lebih mudah dengan adanya menu import dan export melalui excel. Sehingga jika sekolah sudah punya data dalam bentuk excel maka akan sangat mudah ketika memasukkan data siswanya.

  • Form Pengisian Data Pegawai dan Pengguna

Pada Form Pengisian Data Pegawai dan Pengguna terdapat item-item yang dapat digunakan untuk memasukkan data Pegawai dan Pengguna Aplikasi. Berikut adalah tampilan dari Form Pengisian Data Pegawai dan Pengguna pada aplikasi perpustakaan ini.

Form Data Pegawai
Form Data Pegawai

Karena sensitifnya form ini yang berkaitan dengan password Pegawai/Pengguna maka hanya Pegawai/Pengguna level Admin saja yang dapat membuka form ini.

  • Form Data Kelas

Form Data Kelas digunakan untuk memasukkan data kelas yang tersedia pada sekolah, dalam hal ini sesuai di Sekolah Anda masing-masing. Berikut tampilan Form Data Kelas.

Form Data Kelas
Form Data Kelas

Data kelas dapat diisi tingkatan kelas seperti 10,11,12 ataupun dengan angka romawi seperti X,XI,XII.

  • Form Data Jurusan

Jika Form Data Kelas digunakan untuk memasukkan data kelas yang tersedia di Sekolah, maka data jurusan digunakan untuk memasukkan data jurusan yang ada di Sekolah. Berikut adalah tampilan Form Data Jurusan.

Form Data Jurusan
Form Data Jurusan

Data jurusan dapat di isi dengan jurusan yang tersedia di Sekolah yang bersangkutan. Misalnya saja terdapat 4 jurusan yaitu, Keperawatan, Nautika, TPHP, dan Multimedia.

  • Form Pendataan Buku

Form Pendataan Buku digunakan untuk memasukkan data buku, mulai dari Kode/ID Buku, Judul Buku, Pengarang/Penulis, dan juga Status Buku. Berikut adalah tampilan dari Form Pendataan Buku.

Form Pendataan Buku
Form Pendataan Buku

Pada Form Pendataan Buku juga terdapat menu untuk mengupload Foto Buku. Pada form ini Pegawai juga dapat melakukan import dan export data buku menggunakan Excel.

  • Form Pengaturan Rak

Pada Form Pengaturan Rak Pegawai dapat mengedit maupun menambahkan jumlah dan detail rak. Berikut adalah tampilan dari Form Pengaturan Rak.

Form Pengaturan Rak
Form Pengaturan Rak

Detail rak dalam form ini nantinya akan muncul pada Form Pendataan Buku.

  • Form Peminjaman Buku

Form Peminjaman Buku digunakan Pegawai untuk melayani proses pinjam meminjam buku di Perpustakaan Sekolah.

Form Peminjaman Buku
Form Peminjaman Buku

Pada form ini Pegawai juga dapat melakukan proses backup dan juga merestore data transaksi peminjaman dan pengembalian buku, dengan menggunakan fasilitas import dan export menggunakan excel.

  • Form Pengembalian Buku

Form Pengembalian Buku digunakan untuk memproses buku yang dikembalikan setelah dipinjam oleh Siswa. Berikut tampilan Form Pengembalian Buku.

Form Pengembalian Buku
Form Pengembalian Buku

Pada form ini, Pegawai dapat melihat denda keterlambatan dan juga daftar buku-buku yang belum dikembalikan oleh Siswa.

  • Form Pengaturan Denda

Form Pengaturan Denda digunakan untuk mengatur jumlah denda, dan juga jangka waktu pengembalian buku sebelum denda diterapkan.

Form Pengaturan Denda
Form Pengaturan Denda

Pegawai dapat mengatur jumlah denda dengan bilangan real, misalnya 500 rupiah perhari.

  • Form Pengaturan Aplikasi

Form Pengaturan Aplikasi digunakan untuk merubah dan menghapus detail aplikasi berupa judul aplikasi yang ditampilkan pada Form Menu. Berikut tampilan dari Form Pengaturan Aplikasi.

Form Pengaturan Aplikasi
Form Pengaturan Aplikasi

Pegawai dapat memasukkan nama Sekolah dan alamat Sekolah pada form ini.

  • Form Konfigurasi Database

Menurut Penulis, Form Konfigurasi Database inilah yang merupakan form paling penting, karena berkaitan dengan database yang terhubung pada aplikasi. Berikut tampilan Form Konfigurasi Database.

Form Konfigurasi Database
Form Konfigurasi Database

Selain memasukkan nama server dalam bentuk domain atau nama biasa, Admin juga dapat memasukkan nama server berupa IP Address, seperti 127.0.0.1 ataupun 192.168.100.20.

  • Form Pencarian Buku

Pada Form Pencarian Buku, semua pengguna dapat melakukan pencarian lokasi buku hingga detail buku apakah statusnya masih ada maupun sedang dipinjam.

Form Pencarian Buku
Form Pencarian Buku

Form ini sebenarnya disarankan untuk digunakan pada komputer katalog yang diletakkan pada posisi Siswa. Sehingga Pegawai setelah menghidupkan komputer katalog kemudian login menggunakan akun pengguna dengan level pengunjung dan langsung membuka Form Pencarian Buku untuk memudahkan Siswa yang ingin mencari buku nantinya.

  • Form Pencarian Buku Peminjaman

Form Pencarian Buku Peminjaman digunakan untuk mencari buku oleh pegawai perpustakaan, sehingga akan memudahkan pencarian dan penginputan detail buku tanpa harus dicari secara manual.

Pencarian Buku Pinjam
Pencarian Buku Pinjam

Saat Pegawai memproses peminjaman, Pegawai hanya perlu mengetikkan judul/pengarang buku dan menyesuaikan kode buku yang dipinjam Siswa untuk diproses.

  • Form Pencarian Siswa

Hampir sama dengan form sebelumnya, Form Pencarian Siswa Peminjaman digunakan untuk mencari detail siswa yang melakukan peminjaman buku, sehingga pegawai perpustakaan tidak perlu menginputkannya secara manual saat proses peminjaman buku.

Pencarian Siswa Pinjam
Pencarian Siswa Pinjam

Pegawai dapat menemukan detail siswa hanya dengan mengetikkan namanya saja, dan memilih siswa tersebut dengan cara klik dua kali pada daftar siswa yang ada di datagridview.

  • Form Import Export Data Buku

Form Import Export Data buku digunakan untuk mengimport maupun mengexport data master buku.

Import Export Data Buku
Import Export Data Buku

Form ini sangat berguna untuk melakukan proses backup data master buku maupun laporan berkaitan dengan master buku, karena menggunakan excel sebagai aplikasi pendukungnya.

  • Form Import Export Data Siswa

Form Import Export Data Siswa fungsinya mirip dengan form sebelumnya, namun form ini digunakan untuk proses import dan export untuk data master Siswa.

Import Export Data Siswa
Import Export Data Siswa

Jadi jika ada perubahan data siswa seperti tahun ajaran baru, akan sangat mudah untuk melakukan proses perubahan pada data master siswa, karena pegawai tinggal mengimportnya dengan data yang baru.

  • Form Import Export Data Peminjaman

Mirip dengan dua form sebelumnya, untuk Form Import Export Data Peminjaman  digunakan untuk mengimport ataupun mengexport data peminjaman sekaligus pengembalian buku.

Import Export Data Peminjaman
Import Export Data Peminjaman

Pada form inilah Pegawai disarankan untuk melakukan proses export data peminjaman setiap bulannya. Hal ini berguna jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan pada komputer server, sehingga data peminjaman tetap aman dalam bentuk excel sebagai file backup.

  • Form Rubah Password

Form Rubah Password digunakan untuk merubah password pegawai. Password pegawai dalam form ini memang ditampilkan pada Form Pegawai namun dalam mode yang di enskripsi, sehingga tidak akan mudah di ketahui oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Form Rubah Password
Form Rubah Password

Tidak semua pengguna terdaftar dapat mengganti password pegawai, hanya level Admin saja yang diberikan hak akses untuk merubah password dari pegawai yang ada dalam Form Pegawai.

  • Kesimpulan

Kesimpulan mengenai aktivitas pinjam meminjam buku di Perpustakaan Sekolah setelah diterapkan menggunakan aplikasi perpustakaan ini maka dapat dirangkum sebagai berikut:

  1. Proses pinjam meminjam buku menjadi lebih efisien dan menghemat waktu.
  2. Proses peletakkan dan pengarsipan buku pada rak menjadi lebih mudah.
  3. Proses pencarian buku dapat lebih mudah dilakukan oleh Siswa karena adanya sistem pencarian yang efektif.
  4. Proses pelaporan, backup data pinjam meminjam dapat dilakukan dengan mudah karena adanya sistem import export menggunakan file excel.

Jika Anda berniat menggunakan Aplikasi Perpustakaan ini di Sekolah Anda, Anda dapat mendownload aplikasi dan databasenya melalui link berikut. Jika masih bingung Anda juga dapat melihat video panduannya.

[ Download Aplikasi Lengkap + Database Disini ]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 comments

    1. Sementara ini untuk peminjaman Guru dan TU belum menjadi prioritas sehingga tidak kami berikan menu peminjaman untuk Guru & TU, mungkin kedepan akan kami perbaharui lagi.

    1. Untuk pencarian yang bisa, untuk peminjaman tetap melalui penjaga karena untuk memonitor peminjaman Bukunya, jadi peminjam hanya mencari di katalog setelah selesai buku dibawa ke penjaga untuk di inputkan.