by

Daftar Aplikasi Kalender Jawa

Bagi sebagian orang yang hidup di tanah jawa masih kuat dengan budaya kejawen atau jawa. Salah satu budaya yang masih ada di masyarakat hingga saat ini yaitu penggunaan kalender jawa. Namun bagi kaum milineal mungkin tidak tahu dengan budaya yang satu ini. Tidak ada salahnya kita mengenal budaya tersebut di era milineal ini.

Daftar Aplikasi Kalender Jawa
Daftar Aplikasi Kalender Jawa

Dikutip dari situs Wikipedia,”kalender jawa atau penanggalan jawa adalah sistem penanggalan yang digunakan oleh Kesultanan Mataram dan berbagai kerajaan pecahannya serta yang mendapat pengaruhnya. Penanggalan ini memiliki keistimewaan karena memadukan sistem penanggalan Islam, sistem penanggalan Hindu, dan sedikit penanggalan Julian yang merupakan bagian budaya barat”

Dalam kalender jawa kita mengenal hari dengan nama:
1. Pon
2. Wage
3. Kliwon
4. Legi
5. Pahing

Sedangkan kalender jawa mengenal bulan dengan nama:
1. Sura
2. Sapar
3. Mulud
4. Bakda mulud
5. Jumadil awal
6. Jumadil akhir
7. Rajab
8. Ruwah (arwah, saban)
9. Pasa (Puwasa, siyam, ramelan)
10. Syawal
11. Sela (dulkangidah, apit)
12. Besar (dzulhijjah)
Berkat tangan-tangan dingin para programmer kini kita dapat melihat kalender tersebut secara online melalui aplikasi. Di Playstore kita akan menjumpai berbagai macam kalender jawa seperti di bawah ini.

1. Kalender jawa abadi dikembangkan oleh RedCircleApps
Adapun fitur yang disediakan oleh aplikasi ini yaitu kalender Indonesia, kalender jawa, kalender hijriah, hari pasaran, hari libur nasional dan cuti bersama 2018, catatan pribadi, pengingat kegiatan. Serta update fitur lainnya yang lebih keren. Ukuran aplikasi sekitar 8,8 MB.

2. Kalender hijriyah jawa dikembangkan oleh Bariklana Smart App
Fitur yang tersedia dalam aplikasi ini cukup menarik diantaranya Kalender nasional lengkap, kalender hijriyah, kalender jawa, kalender wuku, pasaran, kalender menggunakan fase bulan. Kita juga dapat mengkonversi usia dari tanggal lahir, konversi hari peringatan kematian diantaranya pitu dina, nyatus, nyewu dan lain sebagainya.

3. Kalender jawa dikembangkan oleh AsyncByte Software
Dalam aplikasi ini terdari beberapa kalender yaitu kalender jawa, kalender umum nasional, kalender dengan pasaran jawa. Penanda libur nasional, hari penting dan libur cuti bersama 2017-2018. Tampilan aplikasi ini sangat menarik. Ditambah dengan adanya menu catatan dan terhubung dengan email. Dan yang tidak kalah penting yaitu navigasinya mudah digeser kekanan dan kekiri. Ukuran file aplikasinya yaitu 2,2 MB.

4. Kalender jawa dikembangkan oleh Developer_Newbie
Ukuran aplikasi yaitu sekitar 8,27. Kalender ini dilengkapi dengan penanggalan jawa, islam dan masehi sehingga lengkap menjadi satu dalam satu aplikasi.

5. Sistem kalender jawa lengkap
Kalender jawa sama halnya dengan kalender-kalender yang lain menunjukkan tahun, bulan, tanggal dan hari. Dalam sistem kalender ini selain ada tujuh hari, minggu sampai sabtu juga ada lima hari pasaran antara lain kliwon, legi, pahing, pon dan wage. Di jawa kedua macam hari itu digabungkan untuk mengingat kejadian-kejadian yang penting, misalnya seseorang lahir di hari minggu kliwon atau minggu wage dan lain sebagainya. Untuk ukuran aplikasinya yaitu 6 MB.

Sudah kenal kan dengan kalender jawa. Selain itu kalian dapat mendownload kalender-kalender tersebut jika kalian membutuhkan. Buka playstore kalian dan ketikkan saja kalender jawa maka akan muncul daftar kalender jawa yang bermacam-macam.

Semoga dapat memberikan pencerahan untuk kalian semua. Terima kasih atas kunjungannya pada laman ini dan sampai jumpa lain waktu.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *