by

Topologi Jaringan UNBK

Berawal dari banyaknya sekolah baru yang mengikuti kegiatan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer), baik dari jenjang SMA/SMK maupun SMP/MTS. Para teknisi dan IT sekolah yang baru saja mengikuti kegiatan UNBK ini tentu membutuhkan gambaran, bagaimana kira-kira penerapan topologi jaringan pada sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer. Oleh karena itulah tidak tahu kenapa saya tiba-tiba ingin mendesain topologi jaringan sederhana menggunakan Corel Draw, ini saya lakukan agar para teknisi dan IT sekolah mendapat gambaran desain jaringannya. Sehingga dapat menentukan desain jaringan yang akan dibuat saat proses menata ruang ujian untuk UNBK di awal waktu.

Berikut adalah desain sederhana topologi UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) dari yang menggunakan 1 LAB hingga 2 LAB/lebih, mohon dikoreksi jika ada kekurangan.

Contoh Topologi Jaringan UNBK Hanya Dengan 1 LAB Komputer

Topologi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)
Topologi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 1 Lab Komputer | Klik untuk Memperbesar

Contoh Topologi Jaringan UNBK Dengan 2 LAB Komputer/Lebih

TOPOLOGI JARINGAN UNBK 2 LAB ATAU LEBIH
Topologi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2 Lab Komputer/Lebih | Klik untuk Memperbesar

Bonus: Karena ada permintaan dari pengunjung yang ingin dibuatkan contoh sederhana topologi LAB untuk UNBK maka telah saya gambarkan bagaimana implementasi topologi UNBK menggunakan 5 client, 2 switch, dan 1 server. Berikut gambarnya, semoga membantu.

Topologi UNBK Terbaru
Topologi UNBK Terbaru

CATATAN PENTING: Lihat dengan baik yang saya berikan pada gambar 1 dan 2, anda mungkin saja bisa menggabungkan ethernet1 dan ethernet2 pada Server yang hanya menggunakan satu “LAB” dan satu “SERVER“, namun cara itu “TIDAK” akan berhasil atau dapat “MENGGANGGU” aplikasi “CBT” dalam menentukan “ID SERVER” milik komputer server anda, ketika anda sudah menggunakan lebih dari (>1) Server. Jadi sebaiknya anda memisahkan switch yang terhubung ke internet dan ke siswa dengan switch yang berbeda.

Hal-hal yang sebaiknya perlu anda pelajari dalam jaringan yang berkaitan dengan UNBK ini adalah:

  1. Apa itu “Koneksi Bridge” dan Fungsinya.
  2. Apa itu “NAT (Network Address Translation)” dan Fungsinya.
  3. Tentu saja yang terpenting adalah “IP Address“.

Sesederhana itu saya ingin berbagi kepada anda, semoga hal-hal kecil yang kita lakukan dapat bermanfaat buat orang lain terutama teknisi dan IT sekolah dalam hal ini, jika ada yang perlu ditanyakan dapat bertanya melalui form komentar, atau kontak jaringan pribadi saya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 comments

    1. Salah satu ethernet terhubung ke internet, sehingga jika Bapak Nazwar menggunakan WiFi saya rasa cukup menggunakan satu ethernet, akan tetapi menggunakan WiFi untuk sinkronisasi sangat tidak direkomendasikan Pak karena mungkin kurang stabil.

    1. Yang Bapak Andre maksud sepertinya sama dengan gambar yang saya contohkan Pak sehingga tetap bisa, yang terpenting jika lebih dari 1 lab, ETH1 SERVER1 dan ETH1 SERVER2 yang ke SISWA JANGAN saling terhubung (JANGAN menggunakan switch yang sama yang mengarah ke internet), jadi yang di SISWA sama sekali tidak terhubung dengan jaringan internet, hanya terhubung ke SERVER SEKOLAH. Semoga membantu.

  1. Mas sekolah kami terbatas unit komputer sehingga kami bekerjasama dengan sekolah lain, bisakah lab 1 ada di sekolah kami dan lab 2 ada di sekolah lain…? mohon pencerahan, terimakasih.

    1. Bisa saja Bapak, tetapi kalau menginduk apa sebaiknya tidak di sekolah induk saja, dan kalau seperti bapak sebutkan takutnya tidak sesuai SOP UN, apalagi jika jarak lab berjauhan akan kesulitan saat mengontrol ujian nantinya.

    1. Kabel straight digunakan untuk device yang berbeda, misalnya komputer ke switch (kedua ujung kabel urutannya sama), sedang crossover kebalikannya yaitu digunakan untuk device yang sama, misalnya switch ke switch, akan tetapi kedua ujung urutan kabelnya berbeda.

  2. Mohon solusi, kenapa pas ping ke clien dari komputer server bisa, tetapi kalo di ping dri computer client RTO. Padahal ip udah diubah ke statis… 192.168.0.1 dkk

    1. Pak Aufha pastikan LAN Card Server yang ke client IP Addressnya sudah satu segment dengan IP Address client, jangan lupa juga pada Virtual Boxnya yang di Host Only Adapter (yang terletak di: Control Panel\Network and Internet\Network Connections) terapkan juga IP Address yang satu segment dengan client, mudah-mudahan membantu dan bisa konek.

  3. Permisi min, Mau nanya. klw saya untuk internet providernya pakai modem atau hp lewat usb cara settingnya gmn ya? Soalnya sekolah sya ad di pulau terluar min. mohon jawabannya. sangat kami butuhkan. Terima Kasih.
    Tolong Email Saya ya disini andifebriansyah0[a]gmail.com

    1. Pastikan HP dan Modem yang digunakan koneksinya lancar, topologinya tetap sama cuma ISPnya diganti dari modem atau thethering HP, tapi lebih kami sarankan untuk menggunakan Modem yang memiliki manajemen Network minimal untuk memanage IP static atau DHCP.