DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN: Penyebab, Solusi, dan Cara Mengatasinya

Anda mungkin pernah mengalami kesalahan “DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN” saat mencoba mengakses sebuah situs web. Kesalahan ini umumnya muncul ketika sistem Anda tidak dapat menemukan alamat IP yang terkait dengan nama domain yang diminta. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara rinci tentang penyebab dan solusi untuk mengatasi kesalahan ini.

Penyebab dari kesalahan “DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN” dapat bervariasi. Salah satu penyebab umum adalah masalah dengan server DNS. Server DNS bertanggung jawab untuk menerjemahkan nama domain menjadi alamat IP yang dapat dipahami oleh komputer. Jika server DNS mengalami masalah, seperti tidak merespons atau tidak dapat menemukan alamat IP yang sesuai, kesalahan ini akan muncul.

Selain itu, kesalahan ini juga dapat terjadi jika terdapat masalah dengan pengaturan DNS di komputer Anda. Misalnya, jika DNS yang digunakan tidak benar atau terjadi konflik dengan pengaturan jaringan lainnya, maka kesalahan ini dapat muncul. Kesalahan ini juga dapat disebabkan oleh kesalahan konfigurasi pada server DNS yang dikelola oleh penyedia layanan internet Anda.

1. Memperbarui DNS

Summary: Cara mengatasi kesalahan “DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN” yang pertama adalah dengan memperbarui DNS pada komputer Anda. Anda dapat mencoba menggunakan DNS publik seperti Google Public DNS atau OpenDNS, yang seringkali lebih andal daripada DNS bawaan dari penyedia layanan internet Anda.

Artikel Lain:  Perbedaan Final dan Grandfinal: Apa yang Harus Anda Ketahui?

2. Membersihkan Cache DNS

Summary: Cache DNS yang rusak atau usang juga dapat menyebabkan kesalahan ini. Dalam sesi ini, kami akan membahas cara membersihkan cache DNS untuk mengatasi masalah ini.

3. Memeriksa Koneksi Jaringan

Summary: Kadang-kadang, masalah dengan koneksi jaringan dapat menjadi penyebab kesalahan “DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN”. Dalam sesi ini, kami akan membahas langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk memeriksa koneksi jaringan Anda dan memastikan bahwa tidak ada masalah yang mempengaruhi akses ke server DNS.

4. Mengubah Pengaturan DNS di Windows

Summary: Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows, Anda dapat mengubah pengaturan DNS yang digunakan oleh komputer Anda. Dalam sesi ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah untuk mengubah pengaturan DNS di Windows 10.

5. Mengubah Pengaturan DNS di MacOS

Summary: Jika Anda menggunakan MacOS, Anda dapat mengubah pengaturan DNS di sistem operasi Anda. Dalam sesi ini, kami akan memberikan panduan langkah-demi-langkah untuk mengubah pengaturan DNS di MacOS.

6. Mengubah Pengaturan DNS di Android

Summary: Pengguna Android juga dapat mengubah pengaturan DNS di perangkat mereka. Dalam sesi ini, kami akan memberikan panduan langkah-demi-langkah untuk mengubah pengaturan DNS di perangkat Android.

Artikel Lain:  Segala Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Keranjang: Panduan Lengkap

7. Mengubah Pengaturan DNS di iOS

Summary: Pengguna iOS juga dapat mengubah pengaturan DNS di perangkat mereka. Dalam sesi ini, kami akan memberikan panduan langkah-demi-langkah untuk mengubah pengaturan DNS di perangkat iOS.

8. Menggunakan Perintah ipconfig /flushdns

Summary: Dalam sesi ini, kami akan menjelaskan cara menggunakan perintah ipconfig /flushdns untuk membersihkan cache DNS di sistem Windows Anda.

9. Menggunakan Perintah dscacheutil -flushcache

Summary: Jika Anda menggunakan MacOS, Anda dapat menggunakan perintah dscacheutil -flushcache untuk membersihkan cache DNS di sistem Anda. Dalam sesi ini, kami akan menjelaskan langkah-langkahnya.

10. Menghubungi Penyedia Layanan Internet

Summary: Jika semua solusi di atas tidak berhasil, mungkin ada masalah yang perlu diselesaikan oleh penyedia layanan internet Anda. Dalam sesi ini, kami akan membahas langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk menghubungi penyedia layanan internet dan meminta bantuan mereka dalam mengatasi kesalahan “DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN.

Secara keseluruhan, kesalahan “DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN” dapat sangat mengganggu pengalaman internet Anda. Namun, dengan mengetahui penyebab dan solusinya, Anda dapat dengan mudah mengatasi masalah ini dan melanjutkan aktivitas online Anda tanpa hambatan.

Jika Anda masih mengalami kesulitan, disarankan untuk menghubungi penyedia layanan internet Anda atau mencari bantuan dari teknisi jaringan yang kompeten.

Leave a Comment