by

Mengatasi Error System Settings Change

Pernahkan laptop atau komputer anda mengalami error System Settings Change “Your Hardware Settings Have Changed. Please Reboot Your Computer for These Changes to Take Effect”. Masalah ini mungkin hanya terjadi pada anda yang menggunakan komputer dengan grafis AMD.

System Settings Change in AMD
System Settings Change in AMD

Walaupun anda sudah menginstall ulang driver graphic AMDnya, masalah ini mungkin akan tetap muncul, ini terjadi karena adanya bug dari driver AMD itu sendiri, dan bukan murni dari kesalahan komputer anda, sehingga walaupun kita merestart komputer/laptop, peringatan kesalahan ini akan tetap muncul. Lalu bagaimanakah solusinya?

Solusinya adalah dengan menstop proses “AMD External Events Utility”, dan mendisable servicenya. Seperti apa langkahnya? Simak panduannya berikut ini.

Panduan mengatasi masalah error System Settings Change “Your Hardware Settings Have Changed. Please Reboot Your Computer for These Changes to Take Effect”.

  1. Buka aplikasi “Run” anda dengan cara search ataupun menggunakan tombol “Windows+R” yang ditekan secara bersamaan.
  2. Setelah itu ketikkan “services.msc” tanpa tanda petik, lalu tekan enter.
  3. Setelah terbuka jendela Services, silakan lihat pada tab “Name” dan cari proses dari aplikasi yang bernama “AMD External Events Utility”, klik kanan pada proses tersebut lalu pilih “Stop”.
  4. Setelah proses berhasil di stop, lanjut dengan mendisablenya ketika komputer/laptop startup. Caranya adalah dengan klik kanan, kemudian pilih “Properties”.
  5. Pada “Startup type” silakan pilih “Disabled”, lalu klik “Apply” dan klik “Ok”.
  6. Selesai.

Setelah seluruh proses tersebut berhasil anda lakukan, maka seharusnya notifikasi error “System Settings Change “ dari graphic AMD anda tersebut tidak akan muncul kembali ketika komputer atau laptop di boot ulang, maupun di restart. Bagi anda yang ingin lebih jelas bagaimana langkahnya, anda dapat melihat video panduannya dibawah.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 comments