by

Membuat Game Sederhana di VB.NET

Membuat game di Visual Basic sangat mudah dilakukan, terutama jika pengetahuan kita tentang dasar-dasar pemrograman Visual Basic sudah kita kuasai. Akan menjadi nilai plus jika kita memiliki logika yang sangat kuat dan juga memiliki dasar ilmu matematika dan perhitungan yang juga dikuasai, tidak boleh dilupakan adalah daya imajinasi dan kreativitas tentu harus dimiliki oleh kita yang ingin membuat sebuah game.

Namun pertanyaannya adalah kenapa juga harus memiliki ilmu matematika dan perhitungan yang bagus? Ini tidak lain karena semua dasar teknologi memang menggunakan ilmu matematika/perhitungan dan juga ilmu fisika, hal inilah yang biasa kita sebut algoritma. Mau tidak mau, untuk membuat suatu inovasi teknologi yang kompleks dan juga bermanfaat bagi orang banyak, tentu penguasaan perhitungan kita juga harus tinggi.

Membuat Game dengan VB.NET
Membuat Game dengan VB.NET

Dalam dunia gamepun sama, mungkin ilmu matematika dan perhitungan tidak akan terlalu dibutuhkan jika kita hanya ingin membuat game yang sangat sederhana. Namun percayalah ketika Anda sebagai programmer ingin membuat game yang sangat kompleks dan membutuhkan kecerdasan buatan, maka ilmu matematika/perhitungan/logaritma ini mutlak sangat dibutuhkan.

Di Visual Basic VB.NET kita juga dapat membuat sebuah game yang sederhana dan juga kompleks, namun tidak akan terlalu menarik karena dasar VB.NET memang digunakan untuk membuat program, seperti program aplikasi perkantoran dan lain-lain, paling tidak untuk saat ini.

Jika Anda ingin membuat game mungkin Anda bisa memulainya dengan Java atau Csharp (C#). Dengan menggunakan IDE (Integrated Development Environment) yang tepat, jika Anda mau, Anda pasti dapat membuat game dengan sangat menarik dan kompleks.

Untuk intermezzonya mungkin cukup sampai disini, pada kesempatan ini saya ingin memberikan tutorial kepada Anda bagaimana cara membuat game sederhana dan simple menggunakan bahasa Visual Basic VB.NET dan juga menggunakan IDE Visual Studio sebagai aplikasi untuk membuatnya.

Membuat game sederhana dengan VB.NET

  1. Buatlah sebuah project Visual Basic, dengan menggunakan template Windows Forms Application. Namai project Anda sesuai keinginan Anda. Letakkan juga dimana Anda ingin menyimpan project Anda.
  2. Masukkan 3 buah gambar berikut (Klik Disini untuk Download) di System Resources milik Anda. Caranya pilih menu “Project” saat Anda aktif di Form aplikasi project Anda. Setelah itu pilih Properties Project Anda biasanya “nama project spasi properties” ada dibawah sendiri, pilih “Resources”, ubah dari Strings menjadi Images, pada “Add Resource” silakan pilih “Add Existing File”, lalu tambahkan 3 buah gambar yang telah Anda download tadi. Ubah juga interval timer dari 100 menjadi 10.
  3. Setelah itu tambahkan sebuah Timer, 3 buah Picturebox, 1 Button, dan 1 Label. Lalu masukkan kode-kode berikut sesuai eventnya masing-masing. Misal untuk event button click, dan juga timer tick, Anda copykan kode-kodenya ke event yang benar di project milik Anda.
    Public Class Form1
    Dim m, a, b, c As Integer
    
    Private Sub Timer1_Tick(sender As Object, e As EventArgs) Handles Timer1.Tick
    m = m + 10
    If m < 1000 Then
    a = Int(1 + Rnd() * 3)
    b = Int(1 + Rnd() * 3)
    c = Int(1 + Rnd() * 3)
    Button1.Text = "..."
    Select Case a
    Case 1
    PictureBox1.Image = My.Resources.alligator_48
    Case 2
    PictureBox1.Image = My.Resources.bee_48
    Case 3
    PictureBox1.Image = My.Resources.cat_48
    End Select
    
    Select Case b
    Case 1
    PictureBox2.Image = My.Resources.alligator_48
    Case 2
    PictureBox2.Image = My.Resources.bee_48
    Case 3
    PictureBox2.Image = My.Resources.cat_48
    End Select
    
    Select Case c
    Case 1
    PictureBox3.Image = My.Resources.alligator_48
    Case 2
    PictureBox3.Image = My.Resources.bee_48
    Case 3
    PictureBox3.Image = My.Resources.cat_48
    End Select
    
    Else
    Timer1.Enabled = False
    Button1.Text = "Spin !"
    m = 0
    If a = b And b <> c Then
    Label1.Text = "Good luck !, You won $100 !"
    ElseIf a = c And a <> b Then
    Label1.Text = "Good luck !, You won $300 !"
    ElseIf b = c And a <> c Then
    Label1.Text = "Good luck !, You won $500 !"
    ElseIf a = b And b = c Then
    Label1.Text = "Jackpot !, You won $1000 !"
    Else
    Label1.Text = "No lucky, please try again or insert coin :)"
    End If
    End If
    
    End Sub
    
    Private Sub Button1_Click(sender As Object, e As EventArgs) Handles Button1.Click
    Timer1.Enabled = True
    End Sub
    End Class
    
  4. Selesai.

Jika tidak ada ada kesalahan, seharusnya game sederhana yaitu game casino Anda akan berjalan dengan lancar. Jika Anda merasa kesulitan dengan tutorial tulisan, Anda dapat menonton videonya dibawah. Projectnya juga bisa Anda download, semoga bermanfaat.

[ Download Make a Game VB.NET Project No. 59]

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *