Perbedaan Satpam dan Security: Mengenal Lebih Jauh Mengenai Peran dan Tugas Mereka

Peran satpam dan security dalam menjaga keamanan dan ketertiban di berbagai tempat, seperti perusahaan, pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan lain sebagainya, sering kali menjadi topik yang membingungkan. Terkadang, masyarakat seringkali menggunakan kedua istilah tersebut secara bergantian, padahal sebenarnya terdapat perbedaan yang signifikan di antara keduanya. Artikel ini akan membahas secara rinci mengenai perbedaan satpam dan security, sehingga dapat memberikan pemahaman yang lebih jelas tentang peran dan tugas mereka.

1. Definisi Satpam dan Security

Satpam merupakan singkatan dari Satuan Pengamanan, sedangkan security merupakan istilah bahasa Inggris yang juga merujuk pada pengamanan. Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu menjaga keamanan dan ketertiban, namun terdapat perbedaan dalam aspek tugas, tanggung jawab, dan kewenangan.

2. Perbedaan dalam Tugas dan Tanggung Jawab

Satpam umumnya bertugas menjaga keamanan dan mencegah terjadinya tindakan kriminal, seperti pencurian, perusakan, atau tindakan melawan hukum lainnya. Mereka juga bertugas mengatur lalu lintas kendaraan dan orang, serta memberikan petunjuk kepada pengunjung. Di sisi lain, security memiliki tanggung jawab yang lebih luas, meliputi pengawasan sistem keamanan, pengendalian akses, pengawasan CCTV, penanggulangan kebakaran, dan penanganan situasi darurat.

3. Kewenangan dan Pelatihan

Artikel Lain:  Instalooker IG: Cara Melihat Foto dan Video Instagram Orang Lain dengan Mudah

Kewenangan satpam diatur secara rinci dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia. Mereka harus memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) sebagai bukti kompetensi dan keahlian dalam menjalankan tugasnya. Security, di sisi lain, seringkali merupakan bagian dari perusahaan swasta yang memiliki kebijakan dan standar pelatihan internal yang berbeda-beda.

4. Peran dalam Penanganan Keadaan Darurat

Satpam biasanya lebih fokus pada tugas pengamanan dan pencegahan, sedangkan security memiliki peran yang lebih beragam. Mereka dilatih untuk mengatasi dan menangani situasi darurat, seperti kebakaran, bencana alam, atau serangan teroris. Security juga bertanggung jawab untuk mengelola sistem keamanan, termasuk pengawasan CCTV dan sistem alarm.

5. Keterlibatan dengan Pihak Berwenang

Satpam bekerja di bawah pengawasan dan koordinasi dengan pihak kepolisian. Mereka memiliki kewajiban untuk melaporkan kejadian atau tindakan yang mencurigakan kepada pihak berwenang. Di sisi lain, security biasanya bekerja secara internal di dalam perusahaan atau lembaga, dan memiliki kewajiban untuk melaporkan kejadian atau tindakan yang mencurigakan kepada manajemen perusahaan.

6. Perbedaan dalam Pemilihan dan Penggunaan Peralatan

Satpam umumnya menggunakan peralatan yang lebih sederhana, seperti tongkat pengaman, walkie-talkie, atau senter, sesuai dengan tugas dan tanggung jawab mereka. Security, di sisi lain, seringkali dilengkapi dengan peralatan yang lebih canggih, seperti sistem keamanan elektronik, CCTV, atau alat pendeteksi logam.

Artikel Lain:  WSP Glow: Apakah Mengandung Merkuri? Fakta yang Perlu Anda Ketahui

7. Perbedaan dalam Pembagian Tugas di Tempat Kerja

Satpam umumnya ditempatkan di pintu masuk atau pintu keluar, serta patroli di sekitar area kerja. Mereka bertugas untuk memeriksa identitas pengunjung, mengontrol akses, dan menjaga ketertiban. Security, di sisi lain, memiliki tugas yang lebih bervariasi, seperti pengawasan sistem keamanan, penjagaan barang berharga, pengaturan lalu lintas kendaraan, dan pengawasan CCTV.

8. Perbedaan dalam Lingkup Pekerjaan

Satpam umumnya bekerja di tempat-tempat umum, seperti pusat perbelanjaan, gedung perkantoran, atau rumah sakit. Mereka berinteraksi dengan banyak orang dan bertugas menjaga keamanan di area publik. Security, di sisi lain, bisa bekerja di berbagai tempat, termasuk di perusahaan swasta, perumahan, atau tempat wisata.

9. Perbedaan dalam Kualifikasi dan Persyaratan

Kualifikasi dan persyaratan untuk menjadi satpam diatur secara resmi oleh pemerintah. Mereka harus mengikuti pelatihan yang telah ditetapkan untuk mendapatkan sertifikat keahlian. Persyaratan untuk menjadi security biasanya ditentukan oleh perusahaan atau lembaga tempat mereka bekerja.

10. Perbedaan dalam Gaji dan Tunjangan

Gaji dan tunjangan yang diterima oleh satpam dan security juga bisa berbeda. Umumnya, security yang memiliki tanggung jawab yang lebih luas dan keterampilan yang lebih teknis, akan mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan satpam.

Artikel Lain:  Game Sesat Anime: Panduan Lengkap untuk Para Pemain

Kesimpulan

Dalam menjaga keamanan dan ketertiban di berbagai tempat, perbedaan antara satpam dan security sangatlah penting untuk dipahami. Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu menjaga keamanan, namun perbedaan dalam tugas, tanggung jawab, kewenangan, dan peralatan yang digunakan membuat mereka memiliki peran yang berbeda. Dengan memahami perbedaan ini, kita dapat menghargai peran dan tugas masing-masing profesi dengan lebih baik.

Leave a Comment