Memahami SQL Wildcards dan Operator Like

SQL (Structured Query Language) adalah bahasa yang digunakan untuk mengelola dan mengakses database. Dalam SQL, wildcard dan operator LIKE digunakan untuk melakukan pencarian data yang lebih fleksibel dan akurat. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang penggunaan SQL wildcards dan operator LIKE serta bagaimana mereka dapat membantu Anda dalam mengambil data yang diinginkan dari database Anda.

Apa itu Wildcard?

Wildcard adalah karakter khusus yang digunakan dalam kombinasi dengan operator LIKE untuk mencocokkan pola yang tidak pasti dalam data. Wildcard yang umum digunakan dalam SQL adalah:

  • % – Menggantikan nol atau lebih karakter
  • _ – Menggantikan satu karakter tunggal

Wildcard digunakan dalam kombinasi dengan operator LIKE untuk mencari data yang cocok dengan pola tertentu. Mari kita lihat contoh penggunaannya:

Contoh 1: SELECT * FROM nama_tabel WHERE kolom_nama LIKE ‘J%’

Pernyataan SQL di atas akan mengembalikan semua baris dari tabel nama_tabel yang memiliki nilai kolom_nama dimulai dengan huruf ‘J.

Contoh 2: SELECT * FROM nama_tabel WHERE kolom_nama LIKE ‘_ohn’

Pernyataan SQL di atas akan mengembalikan semua baris dari tabel nama_tabel yang memiliki nilai kolom_nama dengan empat karakter, di mana karakter pertama adalah apa pun dan tiga karakter berikutnya adalah ‘ohn.

Artikel Lain:  Bismillah 7 dan Khasiatnya

Operator LIKE

Operator LIKE digunakan bersama dengan wildcard untuk mencari data yang cocok dengan pola tertentu. Operator LIKE memiliki dua opsi penggunaan:

  • LIKE ‘nilai’ – Mencocokkan nilai yang persis dengan pola yang diberikan
  • LIKE ‘nilai%’ atau LIKE ‘%nilai’ atau LIKE ‘%nilai%’ – Mencocokkan nilai yang memiliki pola tertentu di awal, akhir, atau di antara nilai tersebut

Operator LIKE bersifat case-insensitive, artinya tidak memperhatikan huruf besar atau kecil dalam pencarian data. Berikut adalah contoh penggunaan operator LIKE:

Contoh 3: SELECT * FROM nama_tabel WHERE kolom_nama LIKE ‘John’

Pernyataan SQL di atas akan mengembalikan semua baris dari tabel nama_tabel yang memiliki nilai kolom_nama persis sama dengan ‘John’.

Contoh 4: SELECT * FROM nama_tabel WHERE kolom_nama LIKE ‘J%’

Pernyataan SQL di atas akan mengembalikan semua baris dari tabel nama_tabel yang memiliki nilai kolom_nama dimulai dengan huruf ‘J’.

Contoh 5: SELECT * FROM nama_tabel WHERE kolom_nama LIKE ‘%ohn’

Pernyataan SQL di atas akan mengembalikan semua baris dari tabel nama_tabel yang memiliki nilai kolom_nama diakhiri dengan ‘ohn’.

Contoh 6: SELECT * FROM nama_tabel WHERE kolom_nama LIKE ‘%oh%’

Pernyataan SQL di atas akan mengembalikan semua baris dari tabel nama_tabel yang memiliki nilai kolom_nama yang mengandung ‘oh’ di mana saja dalam kata.

Artikel Lain:  Contoh Program Kerja OSIS Bidang Keagamaan

Kesimpulan

Wildcard dan operator LIKE adalah alat yang berguna dalam SQL untuk mencari data yang cocok dengan pola tertentu. Wildcard digunakan untuk menggantikan karakter dalam pola, sementara operator LIKE digunakan untuk mencocokkan nilai dengan pola yang diberikan. Dengan memahami penggunaan wildcard dan operator LIKE, Anda dapat melakukan pencarian data yang lebih fleksibel dan akurat dalam database Anda.

Leave a Comment