Cara Melihat History YouTube yang Sudah Lama

YouTube telah menjadi salah satu platform terbesar untuk menonton video online. Dari musik, tutorial, hingga vlog, Anda dapat menemukan hampir segala hal di YouTube. Namun, apakah Anda pernah bertanya-tanya bagaimana cara melihat history YouTube yang sudah lama? Mungkin Anda ingin mengingat kembali video favorit Anda yang pernah ditonton atau mencari kembali video yang pernah Anda tonton untuk referensi. Artikel ini akan memberi Anda panduan lengkap tentang cara melihat history YouTube yang sudah lama dan mengakses video-video tersebut.

Sebelum kita mulai, penting untuk diingat bahwa Anda hanya dapat melihat history YouTube jika Anda memiliki akun Google yang terhubung dengan platform tersebut. Jika Anda belum memiliki akun Google, Anda perlu membuatnya terlebih dahulu sebelum dapat melanjutkan. Setelah Anda memiliki akun Google, berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk melihat history YouTube yang sudah lama.

1. Buka Aplikasi YouTube

Langkah pertama adalah membuka aplikasi YouTube di perangkat Anda. Pastikan Anda telah mengunduh dan menginstal aplikasi YouTube terbaru untuk memastikan Anda dapat mengakses semua fitur terbaru.

Setelah membuka aplikasi YouTube, Anda akan melihat ikon profil Anda di pojok kanan atas layar. Ketuk ikon tersebut untuk melanjutkan.

Ringkasan: Buka aplikasi YouTube dan ketuk ikon profil Anda di pojok kanan atas layar.

2. Buka Menu “History”

Setelah Anda membuka profil Anda, gulir ke bawah dan temukan opsi “History” di menu. Ketuk opsi tersebut untuk membuka halaman history YouTube Anda.

Di halaman history, Anda akan melihat semua video yang pernah Anda tonton sebelumnya, mulai dari yang paling baru hingga yang paling lama. Namun, jika Anda ingin melihat video yang sudah lama dan tidak terlihat di halaman ini, ada beberapa langkah tambahan yang perlu Anda ikuti.

Ringkasan: Gulir ke bawah di profil Anda dan ketuk opsi “History” untuk membuka halaman history YouTube Anda.

Artikel Lain:  Id Kos-Kosan Ala Korea: Pengalaman Seru Tinggal di Kos-Kosan Gaya Korea

3. Gunakan Filter Tanggal

Jika Anda ingin melihat history YouTube yang sudah lama, Anda dapat menggunakan filter tanggal untuk mempersempit hasil pencarian. Ketuk ikon filter tanggal di pojok kanan atas halaman history Anda.

Anda akan melihat beberapa opsi filter tanggal, seperti “Hari ini”, “Minggu lalu”, “Bulan lalu”, dan opsi kustom. Ketuk opsi “Kustom” untuk mengatur tanggal tertentu saat Anda ingin melihat video.

Ringkasan: Ketuk ikon filter tanggal di pojok kanan atas halaman history dan pilih opsi “Kustom” untuk mengatur tanggal tertentu.

4. Masukkan Tanggal yang Diinginkan

Setelah Anda memilih opsi “Kustom”, Anda akan melihat dua kotak input untuk tanggal. Di kotak pertama, masukkan tanggal awal yang diinginkan dan di kotak kedua, masukkan tanggal akhir yang diinginkan. Setelah memasukkan tanggal, ketuk “Terapkan” untuk menerapkan filter tanggal tersebut.

Sekarang, Anda akan melihat semua video yang pernah Anda tonton antara rentang tanggal yang Anda tentukan. Anda dapat menggulir ke bawah untuk melihat semua hasil pencarian Anda.

Ringkasan: Masukkan tanggal awal dan akhir yang diinginkan di kotak input dan ketuk “Terapkan” untuk melihat video yang pernah Anda tonton pada rentang tanggal tersebut.

5. Gunakan Pencarian

Jika Anda masih tidak dapat menemukan video yang Anda cari di halaman history YouTube, Anda dapat menggunakan fitur pencarian. Ketuk ikon pencarian di pojok kanan atas halaman history Anda.

Setelah Anda membuka fitur pencarian, Anda dapat memasukkan kata kunci atau judul video yang ingin Anda temukan. YouTube akan menampilkan semua video yang sesuai dengan kata kunci atau judul yang Anda masukkan.

Ringkasan: Ketuk ikon pencarian di pojok kanan atas halaman history dan masukkan kata kunci atau judul video yang ingin Anda temukan.

6. Gunakan Filter Lainnya

Jika Anda masih tidak menemukan video yang Anda cari, YouTube menyediakan beberapa filter tambahan untuk membantu Anda menyaring hasil pencarian. Anda dapat menggunakan filter seperti “Durasi” untuk mencari video yang memiliki durasi tertentu atau “Tipe” untuk mencari video yang diunggah oleh pengguna, channel, atau playlist.

Eksplorasi filter tambahan ini dapat membantu Anda menemukan video yang sudah lama dengan lebih mudah. Jangan ragu untuk mencoba berbagai filter dan melihat hasil pencarian yang muncul.

Artikel Lain:  Cek Followers IG: Cara Mudah dan Praktis untuk Mengetahui Jumlah Pengikut di Instagram

Ringkasan: Gunakan filter tambahan seperti “Durasi” atau “Tipe” untuk menyaring hasil pencarian dan menemukan video yang sudah lama.

7. Gunakan YouTube di Browser

Jika Anda masih kesulitan melihat history YouTube yang sudah lama di aplikasi, Anda dapat mencoba menggunakan YouTube di browser web. Buka browser web pilihan Anda dan kunjungi situs YouTube.

Setelah Anda masuk ke situs YouTube, klik ikon profil Anda di pojok kanan atas layar dan pilih opsi “History” dari menu yang muncul.

Anda akan diarahkan ke halaman history YouTube di browser Anda. Di sini, Anda dapat mengikuti langkah-langkah sebelumnya untuk menggunakan filter tanggal, pencarian, dan filter tambahan.

Ringkasan: Buka situs YouTube di browser web Anda, klik ikon profil Anda, dan pilih opsi “History” untuk melihat history YouTube yang sudah lama.

8. Gunakan Fitur “Watch History”

Jika Anda ingin melihat video yang pernah Anda tonton secara keseluruhan dan bukan hanya di YouTube, Anda dapat menggunakan fitur “Watch History” di akun Google Anda. Fitur ini akan menampilkan semua video yang pernah Anda tonton, termasuk di YouTube dan platform Google lainnya seperti Google Play Movies.

Untuk mengakses fitur “Watch History”, buka browser web pilihan Anda dan kunjungi situs “myactivity.google.com”. Setelah masuk ke akun Google Anda, gulir ke bawah dan temukan opsi “Filter by date & product” di sisi kiri layar.

Ketuk opsi tersebut dan pilih “YouTube” dari daftar produk yang muncul. Sekarang Anda akan melihat semua video yang pernah Anda tonton di YouTube secara keseluruhan.

Ringkasan: Kunjungi situs “myactivity.google.com”, pilih opsi “Filter by date & product”, pilih “YouTube” dari daftar produk, dan Anda akan melihat semua video yang pernah Anda tonton di YouTube secara keseluruhan.

9. Gunakan Fitur “Library” di YouTube

Jika Anda ingin memeriksa video yang sudah lama dan Anda mungkin menyukainya atau menandainya untuk ditonton nanti, Anda dapat menggunakan fitur “Library” di YouTube. Fitur ini memungkinkan Anda mengakses video yang Anda sukai, video yang Anda tandai, dan playlist yang Anda buat.

Artikel Lain:  Makna Hidup Beriman Kristiani Menurut Kedua Bacaan Tersebut

Untuk membuka “Library” di YouTube, buka aplikasi YouTube atau situs YouTube di browser web Anda. Kemudian, temukan ikon “Library” di bagian bawah layar dan ketuk ikon tersebut.

Anda akan melihat daftar video yang Anda sukai, video yang Anda tandai, dan playlist yang Anda buat. Anda dapat menggulir ke bawah untuk melihat semua konten di “Library” Anda.

Ringkasan: Buka aplikasi YouTube atau situs YouTube di browser web Anda, temukan ikon “Library” di bagian bawah layar, dan Anda akan melihat semua video yang Anda sukai, video yang Anda tandai, dan playlist yang Anda buat.

10. Bersihkan History Anda

Jika Anda ingin membersihkan history YouTube Anda secara keseluruhan, Anda dapat melakukannya dengan mud

ah. Buka aplikasi YouTube di perangkat Anda dan ketuk ikon profil Anda di pojok kanan atas layar. Pilih opsi “Settings” dari menu yang muncul.

Di halaman pengaturan, gulir ke bawah dan temukan opsi “History & privacy”. Ketuk opsi tersebut untuk membuka pengaturan history YouTube Anda.

Di halaman pengaturan history, Anda akan melihat opsi “Clear watch history” dan “Clear search history”. Ketuk opsi yang sesuai dengan history yang ingin Anda hapus. Misalnya, jika Anda ingin menghapus history penelusuran, ketuk “Clear search history”.

Setelah itu, konfirmasikan tindakan Anda dengan menekan tombol “Clear” atau “OK” pada jendela konfirmasi yang muncul.

Ringkasan: Buka aplikasi YouTube, pilih opsi “Settings”, temukan opsi “History & privacy”, pilih opsi “Clear watch history” atau “Clear search history”, dan konfirmasikan tindakan Anda.

Sebagai kesimpulan, melihat history YouTube yang sudah lama dapat dilakukan dengan beberapa langkah sederhana. Mulai dari menggunakan filter tanggal, pencarian, dan filter tambahan di aplikasi YouTube, hingga menggunakan situs web dan fitur “Watch History” di akun Google Anda. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan fitur “Library” untuk mengakses video yang Anda sukai, video yang Anda tandai, dan playlist yang Anda buat.

Penting untuk diingat bahwa menghapus history YouTube juga merupakan pilihan yang dapat Anda lakukan jika Anda ingin membersihkan riwayat tontonan atau riwayat penelusuran Anda. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat dengan mudah melihat dan mengelola history YouTube Anda, memudahkan Anda dalam menemukan kembali video yang sudah lama ditonton atau mencari referensi yang diperlukan.

Jadi, jangan ragu untuk mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan dalam artikel ini dan nikmati kembali video favorit Anda yang pernah ditonton di YouTube!

Leave a Comment